Sinergitas WJP Dengan Bank Sampah Nusa Tiga Hijau

Tuesday, May 17, 2022, 13:58 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Medan - Ketua Umum DPP WJP (Warga Jawa Potensial) Budi Susanto, S.H., didampingi oleh Ketua DPD WJP Kota Medan Sumario dan  Sugito selaku Ketua Bidang Biro Sosial, Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial menerima audensi dan silaturahmi Manajement Bank Sampah Nusa Tiga Hijau Ridwan Syahputra, yang didampingi Septian Hernanto yang kebetulan juga warga Jawa di Kota Medan.

Beraudensi ke Pendopo WJP, banyak hal yang dibicarakan oleh kedua pihak, mulai dari pemberdayaan ekonomi warga berupa sampah kering yang dapat di kelola oleh Warga WJP, agar dapat menghasilkan nilai tambah buat warga Jawa.

Audiensi ini digelar pada hari Senin, (16/05/22), di Pendopo DPP WJP Jalan Tapian Nauli Pasar 1 Ring Road Komplek Griya Ganda Asri No 04, Kecamatan Medan Sunggal, Kota Medan. 

Pantauan awak media ini, terlihat suasana penuh kekeluargaan, diskusi ringan dan  disela sela canda tawa sekaligus berbincang seputar masalah sampah yang bisa bernilai ekonomis untuk kebangkitan ekonomi kerakyatan di masa pandemi ini. 

Selain itu juga membahas mengenai potensi bagaimana mengubah sampah menjadi sesuatu yang bernilai secara ekonomi dan sosial. Mengingat sampah adalah masalah yang terus menjadi perhatian, baik dari pemerintah ataupun masyarakat pada umumnya. 

Ketua Umum DPP WJP Budi Susanto, S.H., dalam keterangan pers mengatakan pihaknya banyak membicarakan perihal sampah hingga pengelolaannya, sehingga nantinya dapat bermanfaat bagi kedua belah pihak. 


"Kami membahas mengenai potensi bagaimana mengubah sampah menjadi sesuatu yang bernilai secara ekonomi dan sosial. Mengingat sampah adalah masalah yang terus menjadi perhatian, baik dari pemerintah ataupun masyarakat pada umumnya. Permasalahan Sosial ini pun menjadi perhatian kita semua, agar tercipta satu kondisi pemberdayaan sampah menjadi nilai ekonomis," ujarnya.

Perwakilan Manajemen Bank Sampah Ridwan Syahputra dalam kesempatan itu juga memaparkan, bahwa Bank Sampah sangat memiliki potensi ekonomi yang sangat baik, jika dikelola dengan baik pula.

"Bank Sampah adalah sebuah wadah yang dapat mengakomodir potensi sumber ekonomi masyarakat, sehingga menambah pendapatan masyarakat yang bersumber dari sampah yang selama ini dibuang begitu saja," ungkap Ridwan Syahputra.

Sementara, Ketua DPD WJP Kota Medan Suamrio juga turut menambahkan, bahwa WJP sangat bersyukur bisa bertemu dan membahas perihal sampah dengan pihak managemen Bank Sampah, sehingga dapat bermanfaat untuk ke depannya.

"Alhamdulillah, setelah kita berdiskusi audiensi ini, maka kita tingkatkan kepedulian terhadap lingkungan (sampah kering) masyarakat pada umumnya dan warga WJP pada khususnya, sehingga WJP menjadi barometer peduli lingkungan hidup dan bisa menjadi kegiatan positif ekonomi kreatif, kita dukung kolaborasi dan sinergitas ini agar berjalan baik dan terus menerus dikembangkan," jelas Suamrio.

Audiensi ini diakhiri photo bersama dan juga ke depan agar Manajemen Bank Sampah mendata Pengurus dan Anggota  WJP dari tingkat DPP dan seterusnya untuk menjadi nasabah Bank Sampah.*

(R - 1)

TerPopuler