Subden KBR Gegana Sumut Latihan Cara Penggunaan Baju Alsus Level A dan C

Rabu, 25 Mei 2022, 16:14 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Medan - Mengantisipasi adanya gangguan keamanan bahan kimia yang dianggap dapat menimbulkan keresahan masyarakat, personil Unit KBR Detasemen Gegana Sat Brimob Polda Sumut lakukan latihan di Mako Detasemen Gegana, Medan, Rabu (25/5/22) pagi.

Sebagai informasi, KBR (Kimia, Biologi, dan Radioaktif) adalah merupakan salah satu detasemen yang berada di bawah Kesatuan Gegana Korps Brimob Polri. Detasemen KBR memiliki kemampuan khusus dalam menangani bahan berbahaya yang mengandung bahan kimia, biologi dan radioaktif.

Tujuan dilakukannya latihan ini bukan tanpa alasan, tetapi untuk mengasah kemampuan para personil Detasemen Gegana agar dapat menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif, dan mencegah dari ancaman adanya bahan kimia yang berbahaya di wilayah hukum Polda Sumut.

Danden Gegana Sat Brimob Polda Sumut Kompol Hendriyanto, S.H., M.H., mengatakan, bahwa kegiatan peningkatan kemampuan Unit KBR ini dilakukan agar para personel dapat menguasai berbagai Alat dan Mode, tentang alat canggih dari KBR khususnya cara penggunaan baju alsus level A dan level C, serta cara melakukan penanganan jika ditemukan barang yang memiliki zat kimia berbahaya.


"Prosedur untuk mengenal dan mengoperasikan alat khusus ini harus dilakukan dengan teliti, karena sewaktu-waktu kapan saja dapat terjadi ancaman bahan dan zat kimia yang dapat mengganggu sitkamtibmas, serta mengancam keselamatan orang banyak," terang Kompol Hendriyanto.

Danden Gegana menambahkan, bahwa kegiatan peningkatan kemampuan Unit KBR ini dilakukan agar para personel dapat menguasai semua materi tentang Kimia Biologi Radio Aktif dan berbagai Alsus KBR lainnya. 

Adapun Kanit 3 Subden KBR Detasemen Gegana Sat Brimob Polda Sumut Iptu Antonius Sitanggang pimpin pelaksanaan latihan tersebut.

Kompol Hendriyanto berharap, melalui latihan ini para personil mendapatkan bekal dan ilmu sehingga dapat terlaksana dengan baik serta dapat di implentasikan dalam pelaksanaan tugas di lapangan," pungkas Danden Gegana Sat Brimob Polda Sumut.

(R - 1)

TerPopuler

> Whatsapp-Button