359 Siswa SMP Negeri 2 Ambon Lulus Terbaik dan Juara 1 Kota Ambon Serta Provinsi Maluku

Sabtu, 18 Juni 2022, 19:50 WIB
Oleh Cinta Pradiva Alvina Ardianti

SNIPERS.NEWS | Ambon - Pengumuman hasil ujian akhir bagi siswa-siswi kelas IX Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Ambon dan Provinsi Maluku dilaksanakan secara serentak hari ini, Rabu (15/06/22).

Hal itu disampaikan Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Ambon Gani Suat, S.Pd., M.Pd., kepada awak media ini, usai pengumuman hasil kelulusan kepada orang tua siswa-siswi, bertempat di Aula SMP Negeri 2 Ambon.

"Ya, mengumumkan hasil perjuangan selama 3 (tiga) tahun. Dan Alhamdulillah, bersyukur hasil yang dicapai sangat memuaskan untuk melanjutkan ke tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA, SMK, MAN dan yang sederajat)," ucap Gani Suat.

Kepala SMP N 2 Ambon Gani Suat menyatakan, bahwa pada kelulusan tahun ajaran 2021- 2022 kali ini, dia bersama para guru bidang studi dan para wali kelas merasa bersyukur atas raihan nilai dan predikat yang didapat para siswa/i maupun sekolahnya.

"Pertama itu kita bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT, Tuhan Yang  Maha Maha Kuasa kepada kita semua termasuk orang tua siswa-siswi karena kebanggaan tersendiri, yakni hari ini zekolah kami meluluskan 359 orang dengan kelulusan sangat terbaik. Selain itu juga, sekolah kita menjadi juara umum tingkat Kota Ambon dan Provinsi Maluku," ujarnya.

Diketahui, selain sebagai Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 di Kota Ambon, Gani Suat juga merupakan salah satu kader terbaik Muhammadiyah Maluku, yang dibesarkan dari IPM, IMM dan Pemuda Muhammadiyah.

"Kelulusan dari sekolah yang saya pimpin kali ini, alhamdulillah SMP Negeri 2 Ambon memiliki nama besar. Artinya, kelulusan kali ini patut diberikan apresiasi dan dukungan kepada para siswa-siswi untuk melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi," ucap Kepada Sekolah yang murah senyum ini.

Suat mengatakan, bahwa yang hadir saat pengumuman kelulusan siswa-siswi saat ini antara lain Ketua Komite Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Kaur Kurikulum dan sejumlah guru bidang studi dan para wali kelas serta orang tua.

Selain itu, kata Gani Suat, ada beberapa siswa-siswi nya yang saat ini langsung mengikuti seleksi masuk ke Sekolah Menengah Atas (SMA) yang cukup bergengsi di Provinsi maluku, diantaranya SMA Siwalima Ambon sebanyak 6 siswa-siswi, dan dinyatakan lulus dengan peringkat yang memuaskan. 

"Sedangkan 2 siswa lulus seleksi SMK Taruna Penerbang Angkatan Udara Adi Sutjipto dan SMA/SMK Taruna Angkatan Darat di Magelang dan Yogyakarta. Kedua siswa tersebut masing-masing Muhammad Putra Afriansyah Pelu dinyatakan lulus seleksi SMK Taruna Penerbang Angkatan Udara Adi Sutjipto dengan meraih hasil 915 dan Muhammad Haikal Ramadhan dinyatakan lulus seleksi SMA/SMK Taruna Angkatan Darat meraih hasil 890," terangnya.

Ke enam siswa-siswi yang dinyatakan lulus pada SMA Siwalima adalah Melisa Putri Shafitri adalah lulusan terbaik (Peringkat I Kota Ambon dan Peringkat I Provinsi Maluku) dengan meraih nilai kelulusan 96,9 disusul Annur Rafiq Kafrawi Tuanaya Peringkat 4 Kota Ambon, dengan meraih nilai 91,4 disusul Adli Tidore Peringkat 7 Kota Ambon meraih nilai 89. 

Kemudian, peringkat 19 Kota Ambon diraih oleh Mohammad Ali Akbar Mahulette dengan nilai 86,9 dan peringkat ke 33 Kota Ambon diraih oleh Amelia Putri Tianotak dengan nilai 81,9, serta Muhamad Marwan peringkat ke 46 Kota Ambon meraih nilai 64,6. Kini, ke enam siswa-siswi SMP Negeri 2 Ambon itu dinyatakan lulus seleksi SMA Siwalima Ambon.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Urusan Kurikulum SMP Negeri 2 Ambon Ny. Siti A. Lessy, S.Pd., M.Pd., bahwa selama ini dirinya mengabdi dengan baik sebagai seorang guru di sekolah tersebut. Ia belum pernah melihat kemampuan dan kecerdasan para siswa-siswi di SMP Negeri 2 Ambon, di tahun kelulusan seperti ini.

"Bapak kepala sekolah dan para dewan guru memberikan apresiasi yang luar biasa kepada para siswa-siswi termasuk guru bidang studi dan para wali kelas, yang begitu besar memberikan bimbingan dan pembinaan setiap jam mengajar," ucapnya.

"Kita semua tahu, bahwa anak-anak ini sekolah tatap muka kurang lebih satu setengah tahun akibat dari pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia, yang kemudian kita di Kota Ambon, sehingga oleh Pemerintah Pusat dan Daerah mengintruksikan untuk proses belajar mengajar dilakukan secara online, akibat dari pandemi Covid-19 yang baru saja berakhir," sambung Lessy.

Dari penjelasan singkat Kaur Kurikulum SMP Negeri 2 Ambon Siti A. Lessy, semestinya dengan cara belajar disaat Covid-19 kemarin itu seharusnya pencapaian nilai pasti menurun, karena proses belajar mengajar tidak seperti biasanya.

"Sebenarnya kami tidak menyangka, anak-anak didik kami meraih nilai kelulusan seperti yang ada hari ini, dan kami para dewan guru dan Bapak Kepala Sekolah merasa bangga atas prestasi anak-anak kami, dimana mereka keluar dengan kelulusan terbaik dan meraih peringkat I untuk Kota Ambon dan Provinsi Maluku," sambungnya.

Terakhir, Ny. Siti A. Lessy guru yang mengabdi di SMP Negeri 2 Ambon mengingatkan, agar semua turut mendoakan, supaya para siswa yang lulus tetap mempertahankan prestasi di sekolah lanjutan.

"Kita semua berharap, anak-anak kita yang lulus untuk tetap mempertahankan prestasi belajar dan tetap terjaga nama almamater, khususnya SMP Negeri 2 Ambon dimanapun anak-anak melanjutkan studi," pungkasnya.*

(ATOM)

TerPopuler

> Whatsapp-Button