Ajang Promosi KTT G20, Kodam IX/Udayana Dukung dan Sukseskan Indonesia Internasional Marathon 2022

Jumat, 24 Juni 2022, 21:01 WIB
Oleh Cinta Pradiva Alvina Ardianti

SNIPERS.NEWS | Denpasar - Indonesia International Marathon merupakan agenda tahunan Koni Pusat dan sebuah even kompetisi lari marathon berstandar dunia yang pelaksanaannya mengacu Standart AIMS–World Athletics dan telah diimplementasikan pada marathon kelas dunia seperti The Abbot World Marathon Majors. 

Demikian disampaikan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M., dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Harfendi, S.I.P., M.Sc., saat acara Konferensi Pers Indonesia International Marathon Tahun 2022 yang digelar di Grand Inna Bali Beach Sanur, Denpasar, Jumat (24/6/2022). 

Dihadiri juga oleh Wagub Bali, acara konferensi pers tersebut merupakan rangkaian dari kesiapan perhelatan Indonesia International Marathon 2022 yang akan dilaksanakan pada hari Minggu, tanggal 26 Juni 2022 diikuti kurang lebih 3.500 peserta dari berbagai negara dengan tujuan untuk mencari bibit-bibit pelari/rekord, membangkitkan pariwisata dan perekonomian di Bali serta sebagai ajang promosi pelaksanaan KTT G20. 

"Keterlibatan Kodam IX/Udayana dalam kegiatan ini adalah membantu panitia penyelenggara dan bersinergi dengan Kepolisian dalam pengamanan.

Kesuksesan penyelenggaraan kegiatan ini merupakan momen baik bagi TNI-Polri dan seluruh masyarakat Bali, untuk membuktikan bahwa stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat di Bali kondusif," ungkap Pangdam. 


Terkait keamanan dan ketertiban, Kodam IX/Udayana bersama Polda Bali selalu menjalin komunikasi, koordinasi dan kolaborasi dalam mengamankan Indonesia International Marathon 2022 untuk mengantisipasi berbagai potensi gangguan yang paling mungkin terjadi, sampai sekecil apapun, sebab faktor keamanan menjadi hal utama yang harus dipenuhi selama pelaksanaan kegiatan Indonesia International Marathon 2022. 

"Suksesnya kegiatan Indonesia International Marathon 2022 akan menunjukkan kepada dunia internasional bahwa Bali dapat menyelenggarakan even berskala internasional dan siap untuk menjadi tuan rumah even internasional lainnya," demikian pungkas Pangdam. 

Usai membacakan sambutan Pangdam, Kasdam menambahkan, bahwa kesiapan Kodam IX/Udayana dalam mengamankan even ini yakni dengan mengerahkan 4 SSK (Satuan Setingkat Kompi) masing-masing dari Yonif Raider 900/SBW, Yonif Mekanis 741/GN, Yonzipur 18/YKR dan Denkav 4/SP yang dalam pelaksanaannya di lapangan akan berperan sebagai Pam Rute maupun Pam Tertutup. 

"Selain itu, Kodam IX/Udayana juga menerjunkan sekitar 500 prajurit untuk berpartisipasi sebagai petugas, panitia maupun peserta dalam kegiatan Indonesia Internasional Marathon Tahun 2022," tandas Kasdam dihadapan para Media Pers.*

(Arifin/Lilik/Pendam IX/Udayana)

TerPopuler

> Whatsapp-Button