Bahas Isu HIV/AIDS, PKBI Sumut Kunjungi Redaksi Delinews24.net

Rabu, 08 Juni 2022, 21:47 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Deli Serdang - Kantor Redaksi Media Online Delinews24.net mendapat kunjungan dari Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Sumatera Utara (Sumut), Rabu (08/06/22).


Agenda pertemuan tersebut guna menindaklanjuti Surat Permohonan Kunjungan Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia Sumut, perihal pemberitahuan kegiatan Media Visit yang diterima Redaksi Media Online Delinews24.net pada tanggal 06/06/2022. Ditandatangani oleh Direktur Eksekutif Daerah Siti Chairani Nasution, S.Sos.


Kunjungan Tim PKBI Sumut diterima langsung oleh Pimpinan Umum Delinews24.net Angka Wijaya, S.H., M.H., didampingi Pemimpin Redaksi Feri Afrizal dan Pewarta di Kantor Redaksi Jalan Payapasir No. 24, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang.


Pembahasan dalam pertemuan tersebut menitik beratkan kepada issue penyitas HIV/AIDS di Sumatera Utara khususnya Kabupaten Deli Serdang, yang saat ini berdasarkan keterangan PKBI Sumut, bahwa Kabupaten Deli Serdang menjadi peringkat kedua penyitas HIV/AIDS terbanyak setelah Kota Medan.


"Kegiatan ini adalah agenda Media Visit (BL 06) pada Program CSS HR, bertujuan untuk mensosialisasikan program PKBI Sumut khususnya Kabupaten Deli Serdang, dan sebagai sarana untuk meningkatkan sansitisasi media dalam penyampaian issue HIV/AIDS pada masyarakat, agar lebih humanis dan berpihak kepada komunitas yang terdampak," demikian disampaikan Erwin, selaku Koordinator SSR PKBI Sumut.



Disebut olehnya, PKBI Sumut sebagai organisasi pemerhati penyitas HIV/AIDS di Sumatera Utara sangat memahami peran vital media sebagai sarana publikasi, agar masyarakat mengetahui keberadaan penyitas HIV/AIDS di Sumut.


"Maka, tujuan kunjungan kami disini adalah untuk menjalin sinergitas kepada media khususnya kepada Delinews24.net menjadi mitra PKBI Sumut, dalam penyampaian program PKBI SUMUT di Kabupaten Deli Serdang terkait HIV/AIDS," ujarnya.


"Kami berharap, melalui kunjungan ini akan terjalin MoU, yang kedepannya dapat bermanfaat bagi kita dan masyarakat melalui pemberitaan. Hal ini penting, karena media adalah sarana edukasi dan informatif yang cepat diserap masyarakat," ujarnya menambahkan.


Kunjungan PKBI Sumut ini pun direspon positif oleh Angka Wijaya, S.H., M.H., selaku Pimpinan Umum Delinews24.net. Dirinya menyampaikan siap bekerjasama melalui ikatan MoU kedepannya.


"Terima kasih atas kunjungan rekan-rekan PKBI Sumut di Kantor Redaksi kami. Melalui penjabaran maksud kunjungan rekan-rekan, disini kami siap menjalin kerjasama seperti apa yang disampaikan oleh perwakilan PKBI Sumut," jelas Angka Wijaya.



Selain dalam hal publikasi, jelas Angka, program-program ke depan dari PKBI akan di dukung. Karena sebagai media, pihaknya punya kewajiban untuk berperan serta menyampaikan pentingnya informasi bahaya Seks Bebas, Narkoba.


"Serta memberikan edukasi melalui isi pemberitaan yang mendidik dan informatif kepada masyarakat, bagaimana masyarakat dapat terhindar dari HIV/AIDS," pungkas Angka, yang diketahui juga berprofesi sebagai advokat.


Menimpali apa kata Pimpinan Umum, Feri Afrizal selaku Pemimpin Redaksi sejalan dengan pandangan Angka Wijaya, bahwa saat ini peran media sangat dibutuhkan dan menjadi sarana informasi utama yang langsung diserap masyarakat.


Mengawali sebagai bukti komitmen Delinews24.net mendukung program kerja PKBI Sumut, dirinya siap dan akan memfasilitasi program penyuluhan bahaya seks bagi remaja, karena akan terdampak HIV/AIDS di Kecamatan Batang Kuis.


"Tahap awal implementasi dari kunjungan rekan-rekan, Delinews24.net akan fasilitasi program penyuluhan PKBI Sumut di salah satu Desa di Kecamatan Batang Kuis. Saya akan koordinasikan kepada Kepala Desa Bakaran Batu, agar kita bisa lakukan penyuluhan bahaya Seks Bebas bagi remaja," kata Feri disambut positif PKBI dengan tepuk tangan peserta pertemuan.


Diketahui, PKBI Sumut juga bekerjasama dengan Indonesia Aids Coalition sebagai Principal Recepient (PR) dan Organisasi Perubahan Sosial Indonesia (OPSI) sebagai Sub Recipent (SR) pada program Community System' Strengthening Human Rights (CSS HR).


Melalui amatan langsung awak media, turut hadir dalam kunjungan PKBI Sumut diantaranya Erwin (Kordinator SSR), Muhammad Irvan (CBMF Officer), Antono (Advokasi Officer), Samsidar Barus dan Hemalea Ginting selaku Paralegal Officer.


Hadir juga Mitra PKBI SUMUT diantaranya Abdul Muluk dari KDS Deli Serdang Plus, Hendra Susilo dari Yayasan Medan Plus, Taufik Hidayat, Yayasan Mentari Meraki Alsa Bosek dari Cleopatra dan Harianto Yayasan Caritas PSC .


Sementara, pihak Delinews24.net yang hadir dalam pertemuan tersebut, Angka Wijaya, S.H., M.H., selaku Pimpinan Umum, Feri Afrizal selaku Pemimpin Redaksi, Rio Syahdian Lubis selaku Editor dan Hanafi, Redi W, Muliono, Dedek S, Jamaluddin selaku Pewarta Deli Serdang.*


(R - 1)

TerPopuler

> Whatsapp-Button