Dari Pulau Banda Hingga Kepulauan Aru, Ini Agenda Kunjungan Pangdam

Minggu, 05 Juni 2022, 00:00 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Ambon - Untuk pertama kalinya, Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Richard Tampubolon, didampingi Ketua Persit KCK PD XVI/Pattimura Ny. Selly Richard Tampubolon melaksanakan kunjungan kerja di Pulau Banda dan Kabupaten Kepulauan Aru.


Pangdam Mayjen Richard Tampubolon tiba di Bandar Udara Rargwamar, Dobo menggunakan Pesawat Casa-212 TNI AD, Sabtu (04/06/2022).


Setibanya di Dobo, Pangdam beserta rombongan disambut langsung oleh Dandim 1503/Tual Letkol Inf Arfa Yudha Prasetya, Forkopimda Kabupaten Kepulauan Aru dengan prosesi pengalungan bunga dan tradisi adat Pulau Wamar.


Setelah istirahat sejenak, Pangdam dan rombongan berkunjung ke perusahaan ikan, PT. Rejeki Samudera Abadi (RSA) dalam rangka bersilaturahmi. Kehadiran Pangdam disambut oleh Pimpinan Perusahaan Raymond Aman.


Pada kesempatan ini, Pangdam  menyampaikan ke pihak perusahaan agar terus memperhatikan nelayan-nelayan kecil, sehingga para nelayan juga bisa meningkatkan pendapatannya guna meraih kesejahteraan yang lebih baik lagi.


Setelah selesai berkunjung di PT. Rejeki Samudera Abadi, Pangdam kemudian bertolak menuju Makoramil 1503-03/Dobo untuk memberikan jam pimpinan.


Tiba di Koramil 1503-03/Dobo, Pangdam dan rombongan disambut oleh Danramil Kapten Inf Dody Masaoy beserta seluruh prajurit dan Persit Kartika Chandra Kirana.


Dalam pengarahannya, Pangdam mengapresiasi satuan jajaran Kodam XVI/Pattimura, baik Koramil 1503-03/Dobo, Kompi Senapan E Yonif 734/SNS, maupun Subdenpom Dobo yang melaksanakan tugas dengan baik, meskipun fasilitas masih terbatas. Pangdam juga menyampaikan harapan-harapannya kepada seluruh prajurit.



"Saya berharap kita dapat betul-betul menjadi pelindung dan perekat bangsa, melalui program-program Mutiara Pattimura. Kehadiran aparat teritorial (Babinsa) sangat diperlukan, begitu ada perselisihan lakukan pendekatan, lakukan dialog, niscaya semua persoalan dapat diminimalisir," kata Pangdam.


Tak hanya itu, Pangdam juga berpesan agar prajurit TNI dapat menjalin kekompakan bersama masyarakat maupun dengan Polri, sehingga sinergitas pun tetap terjalin erat.


"Pegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI juga Perintah Harian Kasad. Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung. Jaga kekompakan dengan semua stakeholder, baik bersama tokoh agama maupun tokoh masyarakat," imbuh Pangdam.


Lebih lanjut, Pangdam menghimbau, agar prajurit maupun Persit tetap bijak menggunakan media sosial, agar tidak menjadi blunder, sehingga dapat merusak nama baik institusi. Pengarahan kemudian ditutup dengan penyerahan cinderamata berupa sarana olahraga dari Pangdam dan foto bersama.


Pada kunjungan ini, Pangdam juga berkesempatan tatap muka dengan personil Satgas Pengamanan Pulau Terluar (Satgas Pamputer) Pos Dobo. Kehadiran satgas Pamputer adalah sebagai pembawa solusi bagi kesulitan masyarakat sekitar. 


"Bantu mereka, rangkul mereka dan hadirlah sebagai Pelindung dan Perekat Bangsa ditengah-tengah masyarakat," pesan Pangdam.


Turut hadir mendampingi Pangdam, Danrem 151/Binaiya Brigjen TNI Maulana Ridwan, Asintel Kasdam XVI/Pattimura dan Asops Kasdam XVI/Pattimura.*


(ATOM)

Sumber : Pendam16

TerPopuler

> Whatsapp-Button