Harga Ikan Melonjak di Musim Pasang dan Berombak

Kamis, 02 Juni 2022, 16:03 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Belawan - Kondisi alam laut belakangan ini kurang bersahabat terhadap nelayan. Hal ini turut berdampak pada nasib nelayan serta pasaran harga ikan yang rata-rata mengalami kenaikan.

Sebagaimana terpantau media online ini Rabu pagi (01/06/2022), tampak para pedagang ikan terpaksa menaikan pasaran harga ikan akibat pasokan ikan di sejumlah pendaratan ikan tergolong minim.

"Benar, saat ini pasaran harga ikan lagi melonjak karena kita sebagai pedagang juga mengeluhkan naiknya harga pengambilan ikan di sejumlah tangkahan pendaratan ikan hasil tangkapan nelayan," ungkap Samsul (55), seorang pedagang ikan saat ditemui awak media.

Untuk harga ikan gembung kedah, Wak Samsul, panggilan keseharian pedagang ikan ini menjual ikannya seharga Rp.30 ribu perkilogramnya, padahal sebelum musim pasang laut dan ombak besar pasaran harga ikan gembung kedah yang nikmat dibakar dan digulai tersebut hanya berkisar Rp. 20 ribu saja perkilogramnya.

Selain ikan gembung, Wak Samsul juga menjual ikan Cincaru alias ikan tegang ekor. Ikan jenis gembung dan cincaru serta ikan gulama ini diperoleh Wak Samsul dari sejumlah nelayan, yang kelaut pulang hari dan kerap menambatkan boat ditangkahannya di lingkungan 7 Jalan Young Panah Hijau Kelurahan Labuhan Deli Kecamatan Medan Marelan.

Untuk ikan cincaru, Wak Samsul menjualnya dengan harga Rp. 25 ribu perkilogramnya, sedang ikan gulama hanya Rp. 20 ribu perkilogramnya.

"Memang saat ini harga ikan lagi mahal bang. Kami selaku pembeli ini yang pusing, karena banyak nelayan tak melaut akibat musim ombak dan pasang air laut, sehingga pedagang juga menaikkan harga," ungkap seorang Ibu, usai berbelanja ikan di pasar Belawan.*

(Adi Yusman)

TerPopuler

> Whatsapp-Button