Kapolres Probolinggo Bersama Forkopimda Ikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

Rabu, 01 Juni 2022, 13:08 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Probolinggo - Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi bersama Forkopimda Probolinggo mengikuti upacara secara virtual memperingati Hari Lahir Pancasila di Pendopo Prasaja Ngesti Wibawa Kabupaten Probolinggo, Rabu (1/6/2022). 

Upacara memperingati Hari Lahir Pancasila tahun 2022 dilaksanakan secara terpusat di Lapangan Pancasila Ende, Kelurahan Kotaraja, Kecamatan Ende Utara, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur. 

Inspektur upacara dalam peringatan Hari Lahir Pancasila ialah Presiden RI Ir. H. Joko Widodo dan diikuti oleh sejumlah pejabat negara maupun pemerintahan baik secara langsung ataupun secara virtual. 
                           

Dalam amanatnya, Presiden Jokowi mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam  kehidupan sehari-hari. 

"Dari Kota Ende saya mengajak seluruh anak bangsa di mana pun berada untuk bersama-sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," kata Jokowi. 

Presiden Jokowi juga menjelaskan bahwa Kota Ende merupakan kota bersejarah karena di kota inilah Presiden pertama RI, Ir Soekarno, merenungkan dan merumuskan Pancasila disaat ia menjalani pengasingannya. 

"Rumusan Pancasila yang kemudian disahkan oleh PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) sebagai dasar negara dan mewariskan Pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara," ujar Jokowi. 

Menurut Presiden Jokowi, Pancasila telah mempersatukan masayarakat Indonesia dan menjadi penuntun dikala bangsa maupun masyarakat menghadapi berbagai persoalan. 

"Bangsa Indonesia bisa berdiri kokoh sebab kita sepakat berdasarkan kepada Pancasila," tutur Presiden RI ke 7 itu. 

Usai mengikuti upacara virtual, Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi mengatakan bahwa penerapan nilai-nilai Pancasila di masyarakat Kabupaten Probolinggo terbilang sangat baik. 

"Masyarakat Kabupaten Probolinggo memiliki toleransi yang cukup tinggi terhadap sesama dan kehidupan disini selalu rukun antar masyarakatnya sehingga implementasi Pancasila dikehidupan masyarakat terwujud," kata Kapolres Probolinggo. 

Ditempat lain, Pejabat Utama Polres Probolinggo juga turut mengikuti upacara virtual di Ruang Rupatama Parama Satwika, Polres Probolinggo, sedangkan Kapolsek Jajaran melaksanakan upacara virtual bersama Forkopimka lainnya di masing masing kantor kecamatan se-Kabupaten Probolinggo.*

Pewarta : Taufiq/Humas

TerPopuler

> Whatsapp-Button