Kunker di Kabupaten Simalungun, DPRD Sumut Dapil X Apresiasi Bupati

Rabu, 22 Juni 2022, 19:34 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Simalungun - Kehadiran Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara tersebut diterima langsung oleh Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga di Hotel Horison Jalan Medan Kota Pematangsiantar, Selasa malam (21/6/2022).

Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara yang melakukan kunker di Kabupaten Simalungun terdiri dari Saut Bangkit Purba sebagai ketua,  H Rusli Lubis, Gusmiyadi, Mangapul Purba, Franky Partogi W. Sirait, Iskandar Sinaga dan Rony Reynaldo Situmorang. 

Sementara itu, saat menerima kunker para Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara tersebut, Bupati didampingi antara lain Staf Ahli Bupati Bidang Administrasi Umum Wasin Sinaga, Kadis Kesehatan Edwin Tony SM Simanjuntak, Kadis Penataan Ruang dan Pengelolaan Sumber Daya Air (PRPSDA) Jamahaean Purba dan Kabag Orta Jan Chrisdo Damanik.

Dalam sambutannya Bupati Simalungun menyampaikan, bahwa Pemerintah Simalungun saat ini sedang fokus melakukan memperbaiki infrastruktur jalan, pendidikan dan juga Pertanian.

Dikatakan, jalan kabupaten sepanjang 1.840 Km dan hampir 1.032 Km kondisinya rusak berat. Pemerintah Simalungun terus berusaha dan berupaya untuk menangani kondisi jalan rusak tersebut.

“Kami juga sudah melakukan road show ke beberapa Kementerian terkait di Jakarta agar bagaimana jalan ini bisa di tangani baik,” kata Bupati. 

Selain itu Bupati menyampaikan, bahwa untuk menangani kerusakan jalan, juga dilakukan upaya swadaya masyarakat yakni marharoan bolon (gotong royong) melakukan perbaikan jalan sepanjang +382 Km untuk sekedar layak Jalan.


“Kami sebagai Pemerintah Simalungun tentu punya keterbatasan dalam penanganan jalan ini, ini perlu dukungan dari Bapak Ibu anggota DPRD Provinsi,”ucap Bupati.
 
Kemudian, Bupati menjelaskan, untuk jalan provinsi di wilayah Simalungun juga kondisinya sudah rusak parah. “Walaupun ini bukan wewenangnya Pemerintah Simalungun, namun masyarakat tahu ini, bahwa jalan tersebut tugas Bupatinya,” tutur Bupati

“Kami juga sudah menyurati Dinas terkait di provinsi agar melarang truk yang oper tonase melintasi jalan provinsi di wilayah Simalungun, sebab jika ini di biarkan, di perbaiki pun akan cepat rusak,” jelas Bupati.

Kepada DPRD Provinsi Sumatera Utara, Bupati berharap untuk dukungannya dan menyampaikan, kepada Pemprov Sumatera Utara serta bersama-sama untuk menjaga bumi Habonaron Do Bona ini.

Dalam kesempatan itu, Ketua rombongan Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara Saut Bangkit Purba menyampaikan, bahwa kehadiran rombongan DPRD Provinsi Sumatera Utara Dapil X di Kabupaten Simalungun untuk melakukan tugas pengawasan kinerja Pemerintah Simalungun.
 
“Kami sangat mengapresiasi kehadiran Bupati Simalungun dalam hal ini, karena biasanya yang menjumpai kami hanya stafnya,” ujar Saut. 

Selanjutnya Saut juga menyampaikan, terima kasih kepada Bupati Simalungun yang sudah berusaha semaksimal mungkin bagaimana memperbaiki Simalungun. 

“Kami akan terus mendukung setiap program-program pembangunan yang dilakukan daerah,” tutupnya.*

(PN/Hms)

TerPopuler