Pastikan Rangkaian Kegiatan Kasada Aman, Polres Probolinggo Terjunkan Personel Secara Optimal

Thursday, June 16, 2022, 10:56 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Probolinggo - Dalam rangka memastikan kegiatan Upacara Yadnya Kasada 2022 di kawasan Gunung Bromo Taman Nasional Bromo Tengger Semeru berjalan lancar, Polres Probolinggo menerjunkan sejumlah personelnya guna memberikan pengamanan secara optimal pada kegiatan tersebut. 

Kegiatan Perayaan Yadnya Kasada ini memiliki rangkaian diawali mulai Minggu (5/6/2022) yakni gotong royong bersih-bersih Pura dan pemasangan umbul-umbul di Pura Luhur Poten Laut Pasir Gunung Bromo. 

Kemudian dilanjutkan kegiatan Mendhak Tirta dan Makemit (penerimaan Tirtha dari 4 tempat) di sumber air Goa Widodaren, Air Terjun Madakaripura, Kori Agung Meru Koyo dan Rondo Kuning Ranu Pani menuju ke Pura Luhur Poten pada Senin (13/6/2022). 

Selanjutnya pada Selasa (14/6/2022) diadakan kegiatan Matur Piuning Melasti dan Rakantawang di 25 titik punden, Watu Dukun dan Pura Luhur Poten. Dilanjutkan pada Rabu (15/6/2022) terdapat kegiatan Puncak Karya Piodan Pura Luhur Poten dan Persiapan Upacara Ritual Yadnya Kasada 2022 di Pura Luhur Poten. 
                             

Kemudian acara puncak Yadnya Kasada terjadi pada Kamis (16/6/2022), dimulai sekitar pukul 01.00 Wib dini hari, yakni pemberangkatan dari pintu gerbang masing – masing dan sekitar pukul 04.00 Wib, dilaksanakan prosesi memasuki tempat upacara dan peralatan di taruh pada tempat yang ditentukan. Lalu dilanjutkan acara Njener Atur Penganyar Probolinggo dan Pujan Kasada. 

Selanjutnya pada Jumat (17/6/2022) diadakan kegiatan Njejer Atur Penganyar Santi Puja Pasuruan di Pura Luhur Poten dan pada Sabtu (18/6/2022) ditutup kegiatan Kluningan. 

Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi mengatakan pihaknya akan memastikan perayaan Upacara Yadnya Kasada 2022 berjalan lancar. 

"Kami telah menerjunkan personel secara optimal guna mengamankan rangkaian kegiatan yang berjalan selama enam hari mulai senin (13/6/2022) sampai sabtu (18/6/2022). Untuk puncak acara upacara Yadnya Kasada yakni besok hari," kata Kapolres, Rabu (15/6/2022). 

Lebih lanjut Kapolres Probolinggo mengimbau kepada seluruh umat beragama untuk saling bertoleransi dan menghormati antar pemeluk beragama sehingga dapat melaksanakan ibadahnya sesuai agama dan keyakinan masing-masing secara khusuk. 

"Di Kabupaten Probolinggo ini terdapat keberagaman suku, budaya dan agama sehingga kita wajib saling menghargai dan bertoleransi dengan yang lainnya agar terwujud semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang memiliki makna sebagai pribadi yang berbeda satu sama lain namun tetap memiliki satu tujuan yang sama," pungkas Kapolres Probolinggo.*

Pewarta : Taufiq/Humas

TerPopuler