Polda Sumut Tegaskan Tidak Akan Menilang Pengendara Motor Dengan Sandal Jepit

Jumat, 17 Juni 2022, 14:18 WIB
Oleh DAKAR
Ilustrasi Pemotor Dengan Sendal Jepit


SNIPERS.NEWS | Medan - Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri mengeluarkan himbauan larangan penggunaan sandal jepit bagi seluruh pengendara sepeda motor dimana pun berada.

Menanggapi himbauan tersebut, Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi menyebutkan, ihwal ini sifatnya imbauan saja. Karena menurut dia ini penting untuk meminimalisir fatalitas kecelakaan di jalanan.

“Himbauan ini untuk meminimalisir kecelakaan bagi pengendara motor. Penggunaan sandal jepit tidak terproteksi jika terjadi kecelakaan dan bersentuhan langsung dengan aspal. Lain hal jika menggunakan sepatu, maka tingkat fatalitas kendaraan akan sangat minim,” sebut Hadi, Kamis (16/6/2022).

Di Sumatera Utara sendiri juga akan menerapkan himbauan ini. Personel yang di lapangan akan mulai memberikan himbauan kepada pengendara yang kedapatan memakai sendal jepit.

“Kita akan berupaya untuk menerapkan himbauan ini,” ucapnya.

Beliau memastikan tidak ada penindakan dan sanksi bagi pengendara yang kedapatan memakai sendal jepit. “Tidak ada penindakan atau sanksi. Ini hanya himbauan,” tegas Hadi.

Hadi menambahkan, bagi pengendara sepeda motor memakai sepatu untuk mempersiapkan sebaik mungkin sebelum keluar rumah menggunakan motor baik jarak dekat maupun jarak jauh. Salah satunya menggunakan sepatu, helm dan jaket sebagai bentuk ikhtiar untuk menghindari kecelakaan.

Sebelumnya, Korlantas Polri memberi penjelasan terkait himbauan kepada pengendara sepeda motor agar tak menggunakan sandal jepit saat berkendara. Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi juga membantah beredarnya isu soal sanksi tilang bagi pengendara motor yang memakai sandal jepit.

Dia mengatakan, himbauan tersebut hanya merupakan upaya untuk mencegah fatalitas saat terjadi kecelakaan.

“Mohon maaf saya bukan men-strassing (menekan) penggunaan sandal jepit, akan tetapi karena tidak adanya perlindungan bagi pengendara yang menggunakan sandal jepit. Karena kalau pengendara sering pakai motor (dengan sandal jepit), bila terjadi kecelakaan, kulit itu bersentuhan langsung dengan aspal, ada api, ada bensin ada kecepatan. Makin cepat makin tidak terlindungi kita, itulah fatalitas,” kata Firman kepada wartawan, Rabu (15/6/2022).

(Red)

TerPopuler

> Whatsapp-Button