SMPN 3 Amlapura Gelar Penutupan dan Penyerahan Hadiah Pemenang Spentripura Award Tahun 2022

Minggu, 05 Juni 2022, 07:15 WIB
Oleh Cinta Pradiva Alvina Ardianti

SNIPERS.NEWS | Karangasem - Setelah sebelumnya dilakukan perlombaan Spentripura Award Semester Genap dan Spentripura Competition Tahun 2022, pada Hari Jumat (03/06/22), Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 3 Amlapura dengan julukan sekolah yakni SPENTRIPURA selaku panitia perlombaan menggelar penutupan dan penyerahan hadiah kepada pemenang lomba.

Acaranya diawali dengan penyerahan hadiah kepada pemenang di lomba SD Spentripura Competition tahun 2022. Setelah itu, baru penyerahan award kepada siswa dan kelas yang berprestasi.

Hal itu disampaikan Kepala Sekolah SMPN 3 Amlapura I Nengah Puspa, S.Pd., M.Si., kepada awak Media Snipers News, melalui rilis tertulisnya, Sabtu (04/06/22).

"Jadi kami membaginya menjadi tiga, ada namanya Most Disciplined Class, artinya kelas paling disiplin, itu kami dapatkan dari catatan pelanggaran yang mereka lakukan sejak bulan Januari hingga bulan mei tahun 2022. Kami mencatatnya dengan link, jadi PKS dan OSIS yang bertugas itu kalau ada siswa yang melanggar dia masukkan ke link," demikian dijelaskan I Nengah Puspa.


Puspa kembali menyampaikan, dari pelanggaran tersebut akan muncul pointnya berapa. Hal terkecil seperti melanggar rambut, keterlambatan, dan lainnya, jadi jelasnya, pointnya sudah ada di atur seperti itu. 

"Nah, diperolehlah kelas yang paling disiplin dengan file Most Disciplined Class. Ada tingkatannya, jadi ada disiplin terbaik angkatan, lalu ada disiplin terbaik umum. Umum itu di adu seluruh angkatan. Kemudian lanjut, setelah Most Disciplined Class, kami lanjutkan dengan Best Student, yaitu siswa terbaik berdasarkan prestasi yang telah ia torehkan dari bulan Januari sampai bulan mei tahun 2022. Dan itu kami berikan ada tingkat kelas juga," jelas I Nengah Puspa.

Jadi, menurutnya, juara 1, 2, 3 Best Student siswa paling berprestasi di tiap kelas. Lalu setelah di tiap kelas didapatkan panitia, akan adu dengan kelas lainnya, untuk mendapatkan Best Student terbaik angkatan.

"Seangkatan itu kelas 7, siapa yang terbaik ada 6 orang, jadi terbaik 1, 2, 3, 4, 5, dan 6, begitu juga angkatan kelas 8 dan 9. Setelah mendapatkan terbaik angkatan, kami adu untuk mendapatkan terbaik umum, 6 siswa terbaik umum dari seluruh angkatan. Itu di peroleh yang menjadi Best Student Terbaik 1 Umum yakni Dira Kanaya dari kelas 9b dengan total poin prestasi sebesar 610 poin. Terakhir itu ada Most Accomplished Class, yakni kelas paling berprestasi. Prestasi tiap siswa yang kami identifikasi berdasarkan kelasnya, jadi setiap siswa di kelasnya itu akan menyumbang point prestasi bagi kelasnya. Kami mendapatkan 3 kelas terbaik umum, dan kembali lagi Kelas 9B itu menjadi Most Accomplished Class dengan total prestasi kelas yakni 870 Poin, dan dialah mendapatkan piala bergilirnya. Jadi ada tiga piala bergilir, yakni Piala Bergilir Most Disciplined Class, Piala Bergilir Best Student Award, dan Piala Bergilir Most Accomplished Class," ungkap Kepala Sekolah yang terkenal murah senyum tersebut.


Sementara untuk 6 Cabang perlombaan bagi Siswa-siswi SD/MI juga turut diumumkan dan diserahkan piagam dan hadiahnya, yakni : 

A. Pemenang Lomba Baca Puisi

- Juara 1 Ni Ketut Gita Pradnyani dari SDN 4 Seraya Timur.
- Juara 2 Ni Wayan Putu Serina dari SDN 4 Seraya Barat.
- Juara 3 Ni Putu Eka Septiani dari SDN 2 Seraya Barat, dan ;
- Juara 4 I Komang Budi Arsana dari SDN 4 Seraya Barat.

B. Pemenang Lomba Menggambar

- Juara 1 Ketut Ananda Wiguna Mahkotama dari SDN 2 Seraya Barat.
- Juara 2 I Made Aditya dari SDN 2 Seraya Barat, dan ;
-Juara 3 Ni Kadek Dwivayanti dari SDN 2 Seraya Barat.

C. Pemenang Lomba Macepat

- Juara 1 Ni Komang Julianti dari SDN 8 Seraya 
- Juara 2 Ni Kadek Era Sutaningsih dari SDN 2 Seraya Barat.

Diumumkan pula pemenang favorit dari cabang baca puisi, menggambar dan macepat dengan hasil yakni : 

1. Ni Ketut Gita Pradnyani dari SDN 4 Seraya Timur, Cabang : Baca Puisi Bahasa Indonesia.
2. Ni Kadek Dwivayanti, Cabang : Menggambar.
3. Ni Komang Julianti, Cabang : Macepat.


D. Pemenang Olimpiade Matematika

- Juara 1 Ni Kadek Era Sutaningsih dari SDN 2 Seraya Barat.
- Juara 2 I Putu Jigastra Surya Pratama dari SDN 3 Seraya.
- Juara 3 I Nyoman Budiasa dari SDN 8 Seraya.
- Juara 4 Ni Wayan Arin Ratnanti dari SDN 5 Seraya Barat.
- Juara 5 I Kadek Arya Wiguna dari SDN 1 Seraya, dan ;
- Juara 6 Ni Wayan seriani dari SDN 8 Seraya. 

E. Pemenang Lomba Olimpiade IPA 

- Juara 1 Ni Komang Juniari dari SDN 8 Seraya.
- Juara 2 Ni Kadek Emi Nopsiani dari SDN 2 Seraya Barat.
- Juara 3 Ni Komang Willya Listy
- Juara 4 I Nengah Widiadnyana dari SDN 1 Seraya.
- Juara 5 I Wayan Patriana Khisna dari SDN 4 Seraya Timur, dan ;
- Juara 6 Ni Wayan Denik dari SDN 7 Seraya.

F. Pemenang Olimpiade IPS 

- Juara 1 Ni Putu Nadin Octhaviany dari SDN 1 Seraya.
- Juara 2 Ni Kadek Gita Purnami dari SDN 3 Seraya.
- Juara 3 Ni Ketut Jia Indrayani dari SDN 2 Seraya Barat.
- Juara 4 Ni Komang Anjani Santhi Dewi dari SDN 8 Seraya. 
- Juara 5 Ni Kadek Putu Desiantari dari SDN 6 Seraya, dan ;
- Juara 6 Ni Kadek Sujendra Yasa dari SDN 6 Seraya Barat.


"Selamat kepada juara Spentripura Award Semester Genap tahun ajaran 2021/2022, dan Spentripura Competition Tahun 2022. Yang belum mendapatkan juara jangan menyerah, tetap semangat dan ayo berprestasi serta harumkan spentripura tercinta," tutup Kepala Sekolah SMPN 3 Amlapura I Nengah Puspa.*

Kunjungi akun instagram SMPN 3 Amlapura untuk berita lebih lanjut dan ragam lainnya : @smpn3amlapura (https://www.instagram.com/smpn3amlapura/) 

(Arifin)

TerPopuler

> Whatsapp-Button