Antisipasi Penyebaran Virus PMK, Polres Badung Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Kamis, 07 Juli 2022, 18:37 WIB
Oleh Cinta Pradiva Alvina Ardianti

SNIPERS.NEWS | Badung - Kapolres Badung AKBP Leo Dedy Defretes, S.I.K., S.H., M.H., memerintahkan secara serentak melakukan penyemprotan disinfektan pada kandang Sapi di seluruh Kabupaten Badung, terutama di Pasar Hewan Bringkit maupun di kandang-kandang sapi milik warga. 

"Saya sudah perintahkan jajaran polsek untuk mendata dan melakukan pengecekan warga yang memiliki sapi, kambing dan kerbau," ungkapnya via Ponsel pagi tadi Kamis, (7/7/22) pukul 07.00 wita dari Kawasan Nusa Dua Bali. Beliau  juga meminta para Bhabinkamtibmas membantu mantri-mantri hewan dengan memberikan penyuluhan. 

Selanjutnya, Wakapolres Badung Kompol Ketut Dana, S.H., seijin Kapolres langsung melakukan penyemprotan disinfektan di Pasar Hewan Beringkit, di kandang sapi milik kelompok tani Mekar (Simantri 404 Gapoktan Tani Mekar, Poktan Suka Maju) di Banjad Jumpayah dan di Simantri 173 Gapoktan Tani Mekar, Poktan Panca Urip Mertasari Banjar Panca Jaya, semuanya berada di Desa Mengwitani, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung.

"Ya kita semprotkan dibagian kaki sapi atau kandang sapi untuk mengantisipasi masuknya Penyakit Mulut dan Kuku Hewan (PMK) di wilayah Kabupaten Badung," ujarnya.

Wakapolres didampingi Ketut Sukra (kepala pasar Beringkit)  menjelaskan, di kabupaten Badung belum ada hewan khususnya Sapi yang sudah terjangkit penyakit Mulut dan kuku hewan (PMK), namun pihaknya bekerjasama dengan Pemerintahan Desa mencegah dengan cara melakukan penyemprotan disinfektan.


Selain itu, pihaknya juga melakukan sosialisasi pembersihan kandang hewan baik ditempat pemotongan hewan maupun melalui sosial media.

"Astungkara, sampai saat ini di Kabupaten Badung belum ada laporan hewan yang terjangkit penyakit PMK," sebutnya. 

Sementara itu, ketua Simantri Suka Maju I Made Sukayasa mengucapkan, terima kasih kepada Polres Badung yang hari ini datang meninjau dan melakukan penyemprotan Disinfektan di kadang sapi miliknya.(Gapoktan Tani Mekar).

Made Sukayasa mengaku, saat ini ada 12 Sapi di kadang yang setiap harinya kadang dibersihkan agar terhindar dari wabah PMK.

"Hari ini ada 11 kandang Sapi mulai dari Pasar Beringkit hingga ke peternak Sapi dengan jumlah sapi 64 ekor dalam keadaan sehat," tandasnya.*

(Arifin/Agung DP/Hms)

TerPopuler

> Whatsapp-Button