Bertolak ke Malra, Pangdam Bawa Misi Selesaikan Konflik

Rabu, 27 Juli 2022, 18:13 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Ambon - Pangdam XVI/ Pattimura, Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa, S.E., M.M berangkat ke Tual, Maluku Tenggara pagi tadi, Selasa, (26/ 07/2022).

Pangdam dan rombongan berangkat dengan menggunakan pesawat Casa 212- TNI AD. Keberangkatan Pangdam ke Maluku Tenggara ini, untuk meninjau langsung lokasi bentrok antara warga desa Ohoiderturu dengan warga desa Ohoi Ohoiren, serta melihat langsung situasi pasca bentrok Senin kemarin. 

Setibanya di desa Ohoiren dan desa Ohoidertutu, Pangdam bersama rombongan disambut dengan penuh harap oleh masyarakat. 

Kedatangan Pangdam dan rombongan ini merupakan suatu upaya untuk menyelesaikan konflik yang terjadi antar kedua desa tersebut. 

Dalam kunjungannya, Pangdam menyayangkan adanya pertikaian antar orang basudara yang telah dipelihara, dijaga dengan penuh kasih sayang selama ini, oleh para orang tua terdahulu.

"Tidak semestinya konflik- konflik seperti ini terjadi, apalagi sesama saudara, sesama anak bangsa di negeri ini, apalagi orang Maluku itu sangat terkenal dengan sebutan Pela Gandong, terutama basudara di Maluku Tenggara yang menjaga betul hubungan sudara," ujar Pangdam.

Dirinya datang kesini untuk menengok sekaligus mengingatkan kembali agar konflik- konflik seperti ini tidak terulang kembali. Lebih lanjut, Pangdam mengatakan kedatangannya bersama rombongan untuk memberikan rasa aman dan damai kepada semua basudara disini.

"Permasalahan yang sudah terjadi kita cari solusi terbaik, mari kita bersama kembali, sehingga aktivitas dapat berjalan secara normal dan kondusif," kata Jenderal yang pernah menjabat sebagai Kabinda Aceh ini. 
                           

Mari rajut kembali persaudaraan yang sudah diwariskan oleh leluhur, sehingga kehidupan masyarakat semakin bermartabat. Sumber daya alam Maluku Tenggara ini begitu luar biasa, mari bergandengan tangan bersama memajukan ikon- ikon pariwisata dan melestarikan budayanya.

Besar harapan masyarakat, dengan kedatangan Pangdam bersama rombongan dapat segera menyelesaikan permasalahan yang kini tengah mereka hadapi.

Konsiliasi juga akan terus dilakukan Kodam XVI/ Pattimura bersama dengan Polda Maluku dan pemerintah daerah agar diperoleh kesamaan pendapat dan musyawarah mufakat untuk mewujudkan rasa aman dan damai di tengah masyarakat. 

Hingga saat ini kondisi di kedua desa pasca konflik terpantau aman dan terkendali.

Sejumlah aparat baik dari TNI dan Polri turut disiagakan di kedua desa dan perbatasan- perbatasan tempat terjadinya pertikaian.  

Kunjungan Pangdam ke Tual, Maluku Tenggara ini turut didampingi sejumlah pejabat, seperti Kapolda Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, Danrem 151/ Binaiya, Brigjen TNI Maulana Ridwan, Asintel Kasdam XVI/PTM Kolonel Inf Bayu Herlambang, Kasiintel Korem 151/Bny Kolonel Inf Hendra,  Karo Ops Polda Maluku, Kombes Pol Asep Saepudin, Dir Krimum Polda Maluku, Kombes Pol Andri Iskandar dan beberapa pejabat lainnya.*

( ATOM )
Sumber : Pendam16.

TerPopuler

> Whatsapp-Button