MTQ Korpri Tingkat Provsu Tahun 2022, Simalungun Sebagai Tuan Rumah

Selasa, 12 Juli 2022, 18:08 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Simalungun - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun sebagai tuan rumah pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) ke-VI Provinsi Sumatera Utara (Provsu) yang berlangsung 11 sampai 14 Juli 2022 di Mess Pemprovsu Pora-pora T. Rizal Nurdin Parapat Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Sumut.

Secara resmi kegiatan MTQ itu dibuka oleh Gubernur Sumatera Utara diwakili Ketua Korpri Sumut H Arsyad Lubis, yang ditandai dengan pemukulan gonrang di Convention Hall Parapat, Selasa (12/7/2022).

Pelaksanaan MTQ tersebut dihadiri langsung oleh Bupati diwakili Wakil Bupati Simalungun H. Zonny Waldi, bersama Asisten Administrasi Umum Akmal Siregar bersama sejumlah pimpinan OPD di Lingkungan Pemkab Simalungun, Ketua MUI Simalungun dan perwakilan Kemenag Simalungun.

Dalam pelaksanaan MTQ ini, Pemkab Simalungun mengirimkan utusannya sebanyak 11 qori/qoriah yang didampingi 4 official.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati menyampaikan apresiasi kepada Gubsu dan Wagubsu yang telah menetapkan Parapat Kabupaten Simalungun sebagai tuan rumah.

Selain itu, Wakil Bupati juga mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta, semoga selama berada di Tanoh Habonaron Do Bona dalam keadaan sehat wal'afiat dan dapat mengikuti kegiatan MTQ dengan baik.

"Harapan kami seluruh kontingen agar menunjukkan seluruh kemampuan yang dimiliki, sehingga menambah kecintaan kita dalam mendalami isi kandungan Al Qur'an," kata Wakil Bupati.

Wakil Bupati berharap, pembacaan Al Qur'an dan kandungan isinya akan dapat menggugah minat dari seluruh ASN untuk mendalami isi kandungan Al Qur'an. 


"Dengan demikian bila ASN diisi orang-orang yang cinta agama dan cinta Al Qur'an, maka terciptalah SDM yang luar biasa, jujur, adil dan SDM yang mempunyai Akhlakul Karimah dalam menjalankan roda pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan. Dan negeri yang 
Baldatun Thayyibatun Wa Rabbun Ghafur (negeri yang tentram, subur, aman, nyaman dan damai) akan dapat terwujud," pungkas Wakil Bupati.

Sementara itu, Gubsu dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Ketua Korpri Sumut H Arsyad Lubis antara lain menyampaikan, pada hakekatnya pelaksanaan MTQ Korpri tahun 2022 adalah untuk membina ukhuwah islamiah, dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan syiar Islam di Provinsi Sumatera Utara.

"Momen MTQ ini hendaknya kita jadikan salah satu tonggak dalam membina qori dan qoriah untuk lebih menuju kemandiriannya. Untuk itu, mari kita selalu menghidupkan perasaan cinta kepada nilai-nilai dan hikmah yang terkandung dalam Al Qur'an, dan bila kita telah membangun kecintaan kepada Al Qur'an maka kita dapat mewujudkan semboyan tiada hari tanpa bacaan Al Qur'an," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia H. Asren Nasution menyampaikan, tujuan dilaksanakannya MTQ merupakan bagian dari pembinaan mental, meningkatkan iman dan taqwa bagi keanggotaan Korpri khususnya bidang seni baca Al Qur'an, sekaligus akan memilih peserta terbaik untuk menjadi utusan Sumut pada MTQ Nasional di Kota Padang pada bulan November 2022 mendatang. 

"Kita berharap, melalui MTQ ini kita memperoleh yang terbaik. Terakhir di tahun 2021 Korpri Sumut memperoleh lima besar tingkat nasional, dan dijadwal pada penutupan nantinya akan langsung dilakukan oleh Bapak Gubernur. Semoga kehadiran Gubernur nantinya memberikan spirit bagi kita dalam mengikuti MTQ Nasional nantinya," kata Asren.

Menurut Asren, cabang yang diikuti pada MTQ ini sebanyak delapan cabang tilawah putra/putri, Tartil putra/putri, Tahfiz yang meliputi juz 30, Surat Al Baqarah, Ali Imran dan An Nisa serta 7 surah pilihan, cabang khutbah Jum'at, Khottil Qur'an, Azan dan do'a dengan total peserta sebanyak 96 orang dari 17 khafilah Kabupaten/Kota se-Sumut.

"Pada cabang Tahfiz, Sumut salah satu provinsi unggulan di bidang dan rata-rata kita memperoleh emas pada cabang ini. Dan salah satu da'iyah Simalungun di tahun 2021 masuk finalis tingkat nasional, dan Qoriah kita Sari Maghfiroh dari Simalungun pada bulan April kemarin menjadi finalis MTQ Angkatan Darat se-Indonesia di Jakarta," urai Aren.

Karena prestasi yang ditorehkan Simalungun untuk Sumatera Utara bermartabat tidak diragukan lagi dan sudah diuji, maka Ketua Korpri Sumut menetapkan Simalungun menjadi tuan rumah pelaksanaan MTQ Korpri tahun 2022. 

Tampak hadir antara lain Anggota DPRD Sumut Hj. Hidayah Herlina Gusti Nasution, mewakili Walikota Siantar, anggota DPRD Simalungun Ikhwanuddin Nasution, pimpinan BUMN, Dewan Pengawas dan Dewan Hakim, pengurus Korpri Kabupaten/Kota se-Sumut.*

(PN)

TerPopuler

> Whatsapp-Button