Pasca di Buka Bupati, Pengerjaan TMMD Ke-114 Dikebut, Satgas Berjibaku Wujudkan Akses Jalan Antar Dua Kecamatan di Tabanan

Thursday, July 28, 2022, 12:54 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Tabanan - Program TMMD ke-114 di wilayah Kodim 1619/Tabanan pasca dibuka secara resmi oleh Bupati Tabanan pada hari Selasa, (26/7/22) langsung dikebut pengerjaannya oleh Satgas TMMD, dengan berjibaku melakukan pengecoran jalan sepanjang 1.150 meter dan sasaran fisik lainnya yang dipimpin Dansatgas TMMD ke-114 yang juga Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Ferry Adianto, S.I.P., dan Komandan Kompi Satgas Kapten Czi I Nyoman Wirahadi bersama 110 orang personel gabungan bergotong-royong bersama warga masyarakat setempat.

Untuk mewujudkan akses jalan yang sangat strategis untuk melancarkan pendistribusian produk pertanian di dua wilayah Kecamatan antara Kecamatan Selemadeg dengan Kecamatan Penebel melalui Desa Wanagiri dan Desa Sangketan tersebut Satgas TMMD bersama masyarakat terus bekerja keras melanjutkan secara bahu-membahu melaksanakan pelebaran jalan, pengecoran (betonisasi), pembuatan plat beton, gorong-gorong serta penyenderan.

Hingga hari ke-2 TMMD Rabu (27/7/2022) sasaran fisik yang telah dicapai diantaranya dengan rincian pelebaran jalan sudah mencapai 90%, pembuatan plat  beton dan senderan jembatan  pertama (1) mencapai 55%, pembuatan gorong-gorong dan senderan pertama (1) mencapai 100%, pembuatan plat beton ke dua (2) dan Senderan, Pengecoran dan pemerataan badan jalan mencapai 90%, pembuatan gorong - gorong dan senderan ke dua (2) mencapai 60%, sementara untuk pengecoran badan jalan baru mencapai 178 meter dari 1.150 meter sasaran.

Menurut Dansatgas TMMD ke-114 Letkol Inf Ferry Adianto, S.I.P., menerangkan, bahwa akses jalan yang sedang dikerjakan melalui TMMD ke-114 ini merupakan bentuk kemanunggalan TNI-Rakyat untuk bersama-sama mendukung pemerintah daerah di dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


"Karena akses jalan ini selain sangat strategis untuk melancarkan pendistribusian hasil-hasil Pertanian, Perkebunan dan hasil bumi lainnya juga mempermudah masyarakat antar kedua Kecamatan sebagai jalan pintas mempersingkat waktu tempuh dalam kegiatan sehari-hari," katanya.

"Dan lebih strategisnya lagi akses jalan ini juga menuju ke salah satu Pura besar di Tabanan yaitu Pura Luhur Muncak Sari dan Pura Luhur Tamba Waras yang merupakan bagian dari Catur Angga Pura Luhur Batukaru yang sangat sakral bagi masyarakat Hindu di Tabanan. Bahkan masyarakat bali," ungkapnya.

“Sehingga baik Pemerintah Daerah Kabupaten Tabanan maupun TNI-Polri dan seluruh komponen masyarakat sangat mendukung program TMMD ke-114 ini, hal tersebut dapat kita lihat dari dukungan penuh oleh Pemda dan masyarakat setempat dan secara umum masyarakat tabanan. Bahkan, pemilik lahan sendiri yang terkena pelebaran jalan dengan sukarela menyerahkan tanahnya untuk pelebaran akses jalan tersebut kepada program TMMD ke-114," jelas Dansatgas yang juga Dandim 1619/Tabanan ini.


“Ya, kita semua berharap program TMMD ke-114 ini dapat kita sukseskan tepat waktu dan tepat sasaran dengan dukungan dan peran serta masyarakat yang begitu antusias dan bersemangat dalam mewujudkannya. Saya yakin akan berjalan lancar," terangnya.

Terkait kendala yang dihadapi, Letkol Ferry mengemukakan, bahwa dalam program TMMD ini tentu ada tantangannya dan beberapa kendala dilapangan yang kita hadapi seperti cuaca dan kondisi alam lainnya karena dilokasi tanahnya cukup labil kemungkinan terjadinya longsor dan juga kendala teknis lainnya seperti sumber air yang terbatas karena berada diluar pemukiman. Sehingga untuk melancarkan pengerjaan, Satgas juga harus mengangkut air secara manual dari sungai, walau demikian dengan semangat gotong-royong dan semangat menyama braya bersama masyarakat kita yakin semua kendala tersebut dapat kita atasi," ujarnya.

Lebih lanjut terkait Satgas TMMD, Dansatgas juga menyampaikan bahwa, "Satgas TMMD yang terdiri dari personel gabungan kita tempatkan langsung dilokasi dan pemukiman warga terdekat sehingga berbaur dengan masyarakat untuk menumbuhkan kedekatan dan kemanunggalan antara TNI-Rakyat betul-betul dapat dirasakan, dengan kebersamaan melalui TMMD ini kita tingkatkan rasa persatuan dan kesatuan dan menumbuhkan rasa nasionalisme untuk membangun NKRI yang kita cintai," pungkasnya.*

(Arifin/Agung DP)

TerPopuler