Pemerintah Kabupaten Siak Terima Penghargaan Terbaik Ke 1 Se-Provinsi Riau

Jumat, 08 Juli 2022, 22:56 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Makassar - Pemerintah Kabupaten Siak menerima penghargaan terbaik pertama sebagai Kabupaten/Kota se Provinsi Riau, Pada penilaian kinerja 8 aksi konvergensi penurunan stunting tahun 2021 dari Kementrian Dalam Negeri, yang diserahkan di Kota Makassar, Kamis (07/07/2022).

Penghargaan ini diterima oleh Bupati Siak yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Siak Dr. H. Fauzi Asni, M.Si.

Fauzi mengucapkan syukur dan terima kasih kepada seluruh masyarakat, seluruh Organisasi Perangkat Daerah dan pihak terkait atas prestasi yang diperoleh tersebut.
 
"Alhamdulillah, hari ini Pemerintah Kabupaten Siak menerima penghargaaan sebagai Kabupaten/Kota terbaik peringkat 1 Se-Provinsi Riau pada penilaian kinerja 8 aksi konvergensi penurunan stunting tahun 2021. Penghargaan ini diperoleh karena Kabupaten Siak dianggap komitmen dalam menurunkan stunting. Pada tahun 2019 prevalensi stunting Siak masih sebesar 27,79 persen, berada diatas prevalensi stunting nasional dan Provinsi," ucapnya.

"Namun, setelah usaha dan kerjasama semua pihak, pada tahun 2021 prevalensi stunting di Kabupaten Siak turun menjadi 19 persen berada dibawah prevalensi stunting nasional dan provinsi," sambung Fauzi.

Pemerintah Kabupaten Siak sendiri dalam RPJMD menargetkan pada tahun 2024 prevalensi Stunting di Kabupaten Siak turun menjadi 13,79 persen berada dibawah target nasional, dimana Presiden menargetkan prevalensi stunting dalam RPJMN pada tahun 2024 sebesar 14 persen. 


"Untuk mencapai target tersebut, tentu dibutuhkan kerja keras dan kerjasama semua pihak, agar target tingkat prevalensi stunting di Kabupaten Siak bisa tercapai," ungkapnya.

Pemkab Siak berkomitmen untuk terus menurunkan angka stunting yang ada melalui program-program yang ada, salah satunya Bujang Kampung. 

"Bupati Alfedri dan Wakil Bupati Husni Merza turun langsung ke daerah-daerah menyediakan pelayanan administrasi serta kesehatan dan meninjau balita yang terkena stunting, lalu dicarikan solusinya," sebutnya.

Sebelumnya, pada penilaian kinerja kabupaten/kota dalam pelaksanaan intervensi stunting 2022 yang ditaja oleh Pemerintah Provinsi Riau, dimana Wakil Bupati Siak selaku ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) memaparkan program-program dan inovasi yang ada di Kabupaten Siak dalam intervensi dan penanganan stunting. 

Dalam penilaian kinerja tersebut Kabupaten Siak berhasil menduduki juara 1 kategori Penilaian Kinerja Stunting dan juara 1 kategori inovatif yang diikuti oleh 10 kabupaten/kota di Provinsi Riau.*

(Gunawan.S)

TerPopuler