Pemkab Pesawaran Gandeng Cybers Akademi dan SPRI Gelar Pelatihan Jurnalistik

Jumat, 15 Juli 2022, 12:45 WIB
Oleh julianto88

SNIPERS.NEWS | Pesawaran - Pemkab Pesawaran bekerjasama dengan Cybers Akademi, Serikat Pers Republik Indonesia (SPRI), dan LSP Pers Indonesia melaksanakan pelatihan Jurnalistik bertajuk “SDM Digital Wartawan Muda menjadi Citizen Journalism bagi Bhabinkamtibmas dan Karang Taruna” se-Kabupaten Pesawaran, Kamis (14/07/2022) lalu.

Kegiatan yang dilaksanakan di SKB Dinas Pendidikan Pesawaran dihadiri Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, Wakalemdiklat Polri, Irjen. Pol. Drs. Eko Budi Sampurno, M.Si, Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Panda Arsyad, Kapolres Pesawaran, AKBP. Pratomo Widodo, S.Ik., M.Si, Kepala bidang OKK DPP SPRI,  Soegiharto Santoso, Direktur Cybers Akademi, Dedi, Ketua DPD SPRI Provinsi Lampung Dewi Martha Soetrasno, SE yang juga Pimpinan Redaksi Tabloid Media Pendidikan, Sekretaris DPD SPRI Lampung, Andy Muhammad Nurdin, S.Kom, Kabid Hubungan antara Lembaga DPD SPRI Lampung, Achmad Syufari, SE, Kabid Verifikasi dan Investigasi Media Massa, Harmen Ansori, Kabid Pemuda dan Olahraga, Hamudin, R, Kabid Pemberdayaan Kerohanian, Bustami, Kabid Humas dan Juru Bicara, Agus Salim, Ketua DPC SPRI Kabupaten Pesawaran, Zulaili Bukahri, SE, Sekretaris DPC Pesawaran, Rizky Efriliandis, SH., MH, para kepala dinas, dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Dendi Ramadhona mengatakan, bersyukur Kabupaten Pesawaran terpilih sebagai tempat dilaksanakannya kegiatan tersebut. “Saya berterima kasih dan bersyukur kegiatan pelatihan jurnalistik dilaksanakan di Kabupaten Pesawaran, karena harus diakui di era serba digital seperti saat ini tentunya dibutuhkan kemampuan dalam hal digital dan literasi,” ujar bupati yang juga Ketua Karang Taruna Provinsi Lampung ini.


Ketua Bidang OKK DPP SPRI/LSP Pers Indonesia, Soegiharto Santoso dalam keterangannya mengatakan bahwa LSP Pers Indonesia adalah lembaga sertifikasi pertama dan satu-satunya yang terakreditasi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan memiliki standar kompetensi khusus kerja Wartawan dari Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia.

Sementara, Wakalemdiklat Polri, Irjen. Pol. Drs. Eko Budi Sampurno, M.Si dalam paparannya menyampaikan kemampuan jurnalistik untuk anggota Polri sangat penting, khususnya para bhabinkamtibmas  di Kabupaten Pesawaran dan kabupaten-kabupaten lainnya. Karena dengan demikian para bhabinkamtibmas dapat membantu mensosialisasaikan program-program pemerintah daerah dengan redaksional yang baik, serta mempostingnya pada saluran-saluran yang terpercaya. 

“Saya sangat paham, bagaimana anggota Polri khususnya para Bhabinkamtibmas sudah bekerja sekuat daya upayanya dengan penuh dedikasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Tapi terkadang apa yang telah diperbuat mereka masih saja kurang berkenan bagi segelintir orang. Jika sedikit saja ada yang kurang, maka dengan cepat akan menyebar di medsos dan lainnya. Terkadang berita-berita yang tersebar itu telah dipotong serta diubah narasinya, diedit gambarnya dan sebagainya. Oleh karena itu, kami menyiapkan satu saluran yang dapat digunakan untuk mengabarkan kegiatan-kegiatan para Bhabinkamtibmas di Daerah masing-masing yaitu “Guetilang.com” yang saat ini sudah dapat diunduh,” urainya.  

Ketua DPD SPRI Lampung, Dewi Martha Soetrasno, S.E., didampingi Sekretaris DPD, Andy Muhammad Nurdin, S.Kom., mewakili Ketua Umum DPP SPRI yang juga Ketua LSP Pers Indonesia, Heintje G. Mandagi, bertindak sebagai pembicara pada kegiatan tersebut yang  memberikan dasar-dasar dan teknik penulisan berita yang baik dan benar.  

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan para Bhabinkamtibmas dan Karang  Taruna di Kabupaten Pesawaran tentang bagaimana teknik menulis sebuah berita yang baik dan benar. Tentunya saat ini masih tingkat dasar, tetapi diharapkan peserta pelatihan sekurang-kurangnya sudah memiliki pengetahuan tentang penulisan sebuah berita. Kami memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya untuk Pemkab Pesawaran yang telah melaksanakan kegiatan ini, dan kami berharap hal seperti ini akan diikuti Kabupaten-Kabupaten yang lain. Setelah pelatihan ini peserta dapat mengikuti Sertifikasi Kompetensi Wartawan (SKW) LSP Pers Indonesia dan Setifikatnya akan dikeluarkan oleh BNSP,” pungkasnya. 

Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat untuk para peserta pelatihan serta ditutup sesi foto bersama.*

(Juli) 

TerPopuler

> Whatsapp-Button