Perkuat Ketahanan Pangan, Kodim 0820/Probolinggo Manfaatkan Lahan Tidur

Rabu, 13 Juli 2022, 12:16 WIB
Oleh TAUFIQ PERS
 

SNIPERS.NEWS | Probolinggo - Komandan Kodim 0820/Probolinggo Letkol Arh Arip Budi Cahyono turun langsung ke lapangan untuk melakukan penanaman serentak pemanfaatan lahan tidur dalam pelaksanaan program ketahanan pangan (hanpangan) nasional di wilayah teritorialnya, Rabu (13/7).

Pelaksanaan penanaman serentak di wilayah Kodim 0820/Probolinggo sendiri berlokasi di Desa Bermi Kecamatan Krucil Kabupaten Probolinggo dengan memanfaatkan lahan tidur seluas kurang lebih 2 hektar untuk ditanami benih kentang.

Dandim 0820/Probolinggo Letkol Arh Arip Budi Cahyono menyampaikan program ketahanan pangan merupakan perintah komando berupa merencanakan, mempersiapkan dan memanfaatkan lahan tidur yang ada di wilayah untuk ditanami padi, jagung dan jenis tanaman holtikultura lainnya.

"Kodim 0820/Probolinggo akan terus bergerak melaksanakan komitmen untuk berkontribusi dalam mendukung program yang telah dicanangkan pemerintah guna menunjang atau menjaga ketahanan pangan nasional," kata Letkol Arh Arip Budi Cahyono.

Ia mengungkapkan, bahwa penanaman serentak dalam program ketahanan pangan ini juga dilaksananan secara serentak di jajaran Korem 083/BDJ. "Kegiatan ini sebagai salah satu upaya untuk peningkatan ketersediaan pangan terbaru 
dengan memanfaatkan lahan tidur guna peningkatan dan pemenuhan kebutuhan pangan," ujarnya. 
                             

Sementara, Danrem 083/BDJ Kolonel Inf Yudhi Prasetiyo secara virtual menegaskan bahwa hasil dari penanaman serentak ini akan dihibahkan kepada masyarakat guna meningkatkan  kesejahteraan.

Jika masyarakatnya sudah sejahtera, maka akan menjadi desa yang kuat, untuk menjadi desa yang kuat maka ketahanan pangan menjadi faktor terpenting. "Setelah penanaman ini, saya berharap ada tidak lanjut dengan melakukan pemeliharaan jadi tidak hanya sekedar seremonial saja," pungkasnya.*

(Fiq/Pendim)

TerPopuler