100 Nakes Kesdam IX/Udayana, Terima Suntikan Booster Dosis Kedua

Kamis, 04 Agustus 2022, 20:55 WIB
Oleh Cinta Pradiva Alvina Ardianti

SNIPERS.NEWS | Denpasar - Guna mendukung program dan upaya Pemerintah Indonesia untuk mengendalikan kasus Covid-19 yang saat ini mengalami lonjakan atau kenaikan kasus yang cukup tinggi, Kodam IX/Udayana melalui Kesdam IX/Udayana menggelar Vaksinasi Booster tahap dua atau vaksin keempat.

Pemberian suntikan Vaksinasi Booster tahap dua atau vaksin keempat pada kesempatan kali ini diutamakan untuk para Tenaga Kesehatan (Nakes) yang ada di wilayah Denpasar, di gelar di Lapangan Makesdam IX/Udayana, Jalan Sudirman, Kota Denpasar, Provinsi Bali, Kamis (4/8/2022).

Dalam sambutannya, Kakesdam IX/Udayana yang diwakili oleh Karumkit Tingkat II Udayana Kolonel Ckm dr. Suparno, Sp.An., menyampaikan, Vaksinasi Booster kedua untuk Nakes ini sebagai tindak lanjut Surat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nomor SR.02.06/C/3623/2022 tanggal 29 Juli 2022.

"Vaksinasi Booster kedua atau vaksinasi ke empat ini diutamakan untuk Nakes sebagai pencegahan dan proteksi karena para Nakes merupakan garda terdepan dan bersentuhan langsung dengan pasien-pasien sehingga tidak terjadi penularan penyakit khususnya Covid-19," kata dr. Suparno.

Selanjutnya Karumkit mengatakan, Vaksin Covid-19 atau suntikan booster dosis kedua ini menggunakan Vaksin Covid-19 jenis Moderna dilakukan sesuai dengan peraturan yang ditetapkan Pemerintah Pusat.


Booster kedua atau dosis ke empat adalah Vaksin Covid-19 yang sudah mendapatkan persetujuan penggunaan dalam kondisi darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI adalah Coronavac, Pfizer, Astrazeneca, Moderna, Zifivax, dan Sinopharm.

“Vaksinasi Boster yang dilaksanakan untuk Nakes ini adalah menggunakan jenis vaksinasi Moderna, jika Booster pertama Moderna, maka Booster kedua juga Moderna atau pada saat Vaksin Booster ke-1 jenis Sinopharm, maka Booster ke-2 harus sama-sama Sinopharm,” ujar Karumkit

Mengakhiri sambutannya Karumkit mengatakan, kegiatan vaksin yang dilaksanakan hari ini telah disiapkan 100 dosis, selanjutnya secara bertahap akan dilaksanakan secara menyeluruh kepada semua Nakes Kesdam IX/Udayana termasuk di Batalyon jajaran Kodam IX/Udayana yang berada di Bali.

“Secara umum booster kedua jenis Moderna ini juga dapat berlaku untuk Vaksin Booster ke-1 baik yang menggunakan Sinovac, Astra Zeneca, Pfizer, dan Moderna dengan dosis bervariasi separuh dosis atau full dosis,” pungkas Karumkit.

Sementara itu Tenaga Kerja Kesehatan di Bag Central Sterile Supply Department (TKS CSSD) Kesdam IX/Udayana I Wayan Arya Nugraha sangat antusias menyambut dimulainya Vaksin Booster kedua ini. “Saya bisa lebih leluasa untuk melakukan aktivitas di fasilitas pelayanan kesehatan atau rumah sakit dan lebih merasa aman dari penyebaran Covid-19,” imbuhnya.*

(Arifin/Lilik/Pendam IX/Udayana)

TerPopuler

> Whatsapp-Button