Bertolak ke Saumlaki, PangdamXVI/Pattimura Cek Kesiapan Kunker Presiden

Sunday, August 28, 2022, 15:31 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Ambon - Pangdam XVI/ Pattimura, Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa, S.E., M.M., didampingi Ketua Persit KCK Daerah XVI/ Pattimura, Ny. Indah Ruruh A. Setyawibawa berangkat menuju Saumlaki menggunakan pesawat CN- 235 Koopsud III, Minggu (28/08/2022). 

Setibanya di Bandara Matilda Batlayeri Saumlaki, PangdamXVI/Pattimura bersama rombongan disambut dengan tradisi penyambutan khas Tanimbar dan dijemput langsung oleh segenap Forkopimda Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Selesai penyambutan di Bandara, Pangdam dan rombongan kemudian berangkat menuju Yonif 734/ SNS.

Kedatangan Pangdam di Mako Yonif 734/ SNS diawali dengan penerimaan hormat  jajar, dilanjutkan pengarahan bagi prajurit juga persit. 

"Kunjungan kerja saya ini adalah untuk
melihat kesiapan dan kesiapsiagaan prajurit di wilayah Saumlaki dalam rangka kunjungan Presiden RI yang dijadwalkan pada tanggal 1 September mendatang, sekaligus bersilaturahmi dan berdialog secara langsung dengan Prajurit dan Persit di wilayah Saumlaki," kata Pangdam membuka pengarahan.

Pangdam mengatakan, prajurit haruslah bersikap jujur dan loyal. "Prajurit harus jujur, minimal kepada diri sendiri karena kalian tidak mungkin berbohong kepada dirimu sendiri, kemudian kamu pasti akan jujur kepada orang lain. Prajurit juga harus setia, sehingga ketika kamu menghadapi ancaman maka kamu tidak akan berkhianat," tutur Alumni Akademi Militer tahun 1988 ini. 

Tak hanya itu, Pangdam juga berpesan kepada prajurit agar senantiasa bersyukur sebagai anggota TNI. "Dengan apa yang telah kalian capai hingga detik ini sebagai prajurit, kalian harus bersyukur dan terus bersemangat dalam berdinas.

Terutama bagi Tamtama yang sudah berdinas lebih dari 12 tahun, jangan pernah berhenti berusaha untuk mengikuti jenjang pendidikan yang lebih tinggi, siapkan dengan lebih baik," kata Mantan Kabinda Aceh dengan semangat. 


Dalam pengarahan siang tadi, acara berlangsung akrab dan humanis, tak nampak adanya jarak antara pimpinan dengan anggotanya.

Pengarahan tak hanya diberikan kepada para prajurit saja, namun Pangdam juga menyapa para ibu Persit dengan hangat, penuh rasa kekeluargaan. 

Pangdam memotivasi agar Persit selalu menjaga komunikasi dengan suami dan mendukung tugas suami.

Sebelum mengakhiri pengarahan, Pangdam juga sempat meminta dua ibu Persit untuk menyanyikan lagu Jujur dan Rayuan Pulau Kelapa  yang patut dihayati oleh setiap prajurit. 

"Kedua lagu itu adalah lagu pilihan yang harus diimplementasikan oleh prajurit dalam setiap penugasan," katanya.

"Jangan lupa untuk selalu menyertakan Tuhan dalam setiap langkah, niscaya setiap langkah kita diridhoi oleh-Nya," tutup Pangdam.

Selesai memberikan pengarahan kepada prajurit dan persit, Pangdam kemudian menuju Kodim 1507/ Saumlaki untuk meninjau Mako dan pangkalan. 

Kunjungan Pangdam ke Saumlaki turut didampingi oleh sejumlah pejabat, diantaranya Irdam XVI/ Pattimura Brigjen TNI Muhamad Muchidin, para asisten, para Kabalak, serta para perwira Korem.*

(ATOM)

Sumber : Pendam16

TerPopuler