BNN RI Musnahkan 4 Hektare Ladang Ganja di Madina

Minggu, 21 Agustus 2022, 18:52 WIB
Oleh Link
Tim gabungan BNN Sumut saat menemukan Ladang Ganja

SNIPERS.NEWS | Mandailing Natal, Sumatera Utara - BNN RI bersama personil gabungan yang melibatkan TNI, Brimob dan personil Polres kewilayahan berhasil memusnahkan ladang ganja siap panen seluas empat hektare di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) Sumatera Utara.

Penemuan ladang ganja tersebut merupakan hasil operasi narkotika BNN bersama TNI-Polri dalam dua minggu terakhir di daerah pegunungan Tor Sihite, Panyabungan Timur, Madina.


Perburuan ladang ganja di Kabupaten Madina melibatkan sekitar 150 personel gabungan BNN RI, BNNK Madina, TNI, Brimob dan Polres Madina. 

Kepala Satuan Tugas (Kasatgas) Pemusnahan ladang ganja di Kabupaten Madina, Kombes Pol Guntur Aryo Tejo, menyebutkan, operasi penumpasan ladang ganja di Madina sudah berlangsung sejak 8 Agustus 2022 lalu. 

"Operasi berawal dari informasi masyarakat kepada BNN, kemudian kita tindak lanjuti. Bahkan dari 8 Agustus lalu hingga 16 Agustus kita melibatkan pesawat terbang tanpa awak untuk melacak keberadaan ladang ganja sesuai informasi awal,” terangnya.


Setelah mendapat gambaran beberapa lokasi gunung yang dicurigai, BNN kemudian bekerja sama dengan TNI-Polri untuk melakukan penyisiran.

Dengan berjalan kaki, ratusan personel menelusuri lereng-lereng bukit di kawasan tersebut.

Medan yang sulit membuat petugas kewalahan. Medan menuju lokasi sangat ekstrem, jalan licin bebatuan, hutan belantara dengan kemiringan yang sangat terjal.

Setelah melakukan penyisiran pada Sabtu(21/8/22) kemarin, petugas akhirnya berhasil menemukan satu lokasi ladang dengan ribuan pohon ganja siap panen.


Proses pemusnahan dilakukan langsung BNN RI, Kapolres Madina, AKBP Reza Chairul, pihak Kejaksaan Negeri Madina.

"Total ladang ganja yang kita temukan sekitar  empat hektar dengan tanaman sekitar 8000 pohon. Berat basah mencapai 4 ton lebih. Ini merupakan momen istimewa pada perayaan HUT RI ke-77, BNN sebagai leading institution penanganan Narkoba di Indonesia berhasil memusnahkan ribuan pohon ganja," ungkap Kombes Pol Guntur Aryo Tejo dengan semangat.

Dikutip dari Sumber tv one news.com
(Raiyan)

TerPopuler

> Whatsapp-Button