Ciptakan Sitkamtibmas, Polsek Rendang Data Penduduk Pendatang

Kamis, 25 Agustus 2022, 12:14 WIB
Oleh Cinta Pradiva Alvina Ardianti

SNIPERS.NEWS | Karangasem - Keamanan suatu wilayah tidak pernah luput dari peran serta Bhabinkamtibmas dan Babinsa di wilayah binaannya, hal ini terlihat betapa mesranya dua sejoli seakan-akan dimabuk api asmara tanggung jawab dalam menciptakan Sitkamtibmas (Situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) Desa binaan. Kamis (25/08/2022).

Berdasarkan rujukan Surat dari Camat Rendang Nomor : 005/359/Trantib/Kcr/2022  tanggal 22 Agustus 2022 Perihal Penertiban Penduduk Pendatang di wilayah kecamatan Rendang, dipandang perlu Kapolsek Rendang mengeluarkan Surat Perintah  Nomor : Sprin / 141 / VIII / PAM.3.3./2022 tentang Pengamanan dalam mendata penduduk pendatang di wilayah kecamatan Rendang.

Seperti yang di laksanakan pagi ini, dibawah Perwira pengendali Iptu I Made Sutama, S.H., bersinergi dengan Bhabinkamtibmas Desa Nongan Aiptu I Wayan Artana, Babinsa Desa Nongan Pelda I Nyoman Suartana, Sat Pol PP dan Trantib Kecamatan Rendang, Kepala Dusun Saren dan Kepala Dusun Bujaga.

Saat dikonfirmasi mitra Humas Padal Pam pendataan penduduk pendatang Iptu I Made Sutama, S.H., mengatakan, Pengamanan pendataan penduduk pendatang yang dilaksanakan karena ada surat dari Kecamatan Rendang untuk bersama-sama bersinergi dalam mendata penduduk pendatang di wilayah hukum Kecamatan Rendang.

"Hal ini sangat perlu dilakukan untuk menjaga kondusifitas wilayah dalam memelihara situasi keamanan dan ketertiban masyarakat," ujarnya.

Babinsa Desa Nongan Pelda I Nyoman Suartana mengatakan, bahwa di Desa Nongan ada lima (5) titik tempat yang akan kita kunjungi.

"Dimana kelima tempat tersebut ada penduduk luar yang bekerja baik sebagai tukang bangunan, tempat penyosohan jagung dan berjualan nasi lalapan," jelasnya.

Sementara itu Bhabinkamtibmas Desa Nongan Aiptu I Wayan Artana menyampaikan, hasil yang dicapai dalam sidak Penduduk Pendatang (Duktang) di wilayah Desa Nongan sebagai berikut :

1.Alfan Maulana i, Laki-laki, (19) buruh Tukang, warga Dusun Gludengan, Kecamatan Panti Jember, bekerja dirumah Koming Setiawan sebagai buruh tukang bangunan
2.Ahmad Wahid, Laki-laki (20) warga Cangking Baru, Desa Cangkring, Kecamatan Jengawah  Kabupaten Jember Jatim. Bekerja di rumah Koming Setiawan warga Banjar Saren Kelod sebagai buruh Tukang.

3. Wonggo Bewa, Laki-laki (19) Kristen, warga Harona Kalla kecamatan Laboya Barat Sumba Barat NTT, buruh pabrik pakan ternak, bekerja di penggilingan jagung milik I Nyoman Suarnata di Banjar Saren Kaler.

4.Okta, Laki-laki (19)  Sumba Barat NTT
 Kristen, buruh pabrik,,(bekerja di pabrik penggiingan jagung milik   I Nyoman  Suarnata).

5. Mohamad Rizet (19) laki-laki Islam, warga Dusun Krajan kecamatan Pakusari Kabupaten .Jember Jawa Timur, bekerja sebagai pedagang Lalapan.

6.Rosihin, laki-laki (46) Islam, warga Dusun Lrajan Kecamatan Pakusari, Kabupaten Jember Jawa Timur, bekerja di warung lalapan di Manggaan.

"Selama giat pengecekan duktang kami memberikan himbauan kepada Penduduk pendatang agar selalu melengkapi identitas diri serta ikut menjaga situasi Kamtibmas," terangnya.

“Kami bersama Babinsa Pelda I Nyoman Suartana selalu bersinergi dalam hal apapun di Desa demi menjaga Sitkamtibmas di wilayah Desa binaan kami," tambahnya sambil mengatakan tetap semangat.

Ditempat terpisah Kapolsek Rendang Kompol I Made Gede Punia, S.H., M.H,, mengatakan, giat pendataan penduduk pendatang dilaksanakan dari tanggal 24 sampai dengan tanggal 31 Agustus 2022.

"Dimana pendataan penduduk pendatang sangat perlu dilakukan untuk menjaga kondusifitas wilayah dalam memelihara Kamtibmas," ucap Kapolsek Rendang Kompol I Made Gede Punia, S.H., M.H.*

(Arifin/Agung DP/Hms)

TerPopuler

> Whatsapp-Button