Epza Jadi Narasumber Bicara Jihad Konstitusi

Minggu, 28 Agustus 2022, 12:57 WIB
Oleh Cinta Pradiva Alvina Ardianti

SNIPERS.NEWS | Marelan - Ketum PB PASU yang juga merupakan Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kota Medan Periode 2014 - 2018 Eka Putra Zakran, S.H., M.H.,  didaulat memberikan ceramah dengan materi Jihad Konstitusi dalam kegiatan Baitul Arqom Dasar (BAD) Pemuda Muhammadiyah dan Darul Arqom Nasiatul Aisiyah (DANA) se - Cabang Medan Marelan yang diselenggarakan di Gedung Dakwah Muhammadiyah Jalan Pasar III Timur Marelan, Minggu (28/8/2022).

Kegiatan BAD dan DANA tersebut diikuti sebanyak 60 Peserta yang terdiri dari 40 Kader Pemuda Muhammadiyah dan 20 Calon Kader Nasiatul Aisiyah. Bertindak sebagai Moderator atau pemandu acara dalam acara tersebut adalah Muhammad Ihsan, S.HI., M.HI., M.H.

Eka Putra Zakran S.H., M.H., atau akrab disapa Epza menyatakan, "Jihad Konstitusi adalah gerakan pembaharuan di bidang hukum dengan melakukan korektif lewat jalur formal di Mahkamah Konstitusi (MK) dengan melakukan Yudisial Review (uji UU) terhadap sebagian peraturan perundang-undangan yang dianggap atau dinilai bertentangan dengan konstitusi kita, yaitu UUD1945," katanya.

Lebih lanjut Epza mengatakan, "ada beberapa upaya jihad konstitusi yang telah dilakukan oleh Muhammadiyah dalam bidang hukum, salah satunya adalah putusan MK Nomor 36/PUU-X/2012 tertanggal 13 November 2012 tentang pembatalan beberapa Pasal dalam UU Badan Pelaksana Hulu minyak dan Gas (BP Migas)," sambungnya.

"MK membatalkan Pasal dalam UU BP Migas, karena dinilai inkonstitusional lebih berpihak kepada para kapitalis atau para pemodal. Artinya, kedudukan, tugas pokok dan fungsi BP Migas itu tidak jelas," beber Epza.


"Istilah Jihad Konstitusi mengemuka dan dipopulerkan oleh Prof. Din Syamsuddin Ketua PP Muhammadiyah pada Muktamar 1 abad Muhammadiyah di Yogyakarta. Intinya Jihad Konstitusi ini merupakan upaya Muhammadiyah untuk mengawal arah kiblat bangsa agar senantiasa berpedoman pada landasan konstitusi kita yaitu UU 45," terangnya.

"Dapat saya jelaskan, bahwa saya salah satu Pendiri Pemuda Muhammadiyah di Cabang Marelan ini, bersama saudara Ihsan, Faisal Riza dan kawan- kawan lainnya. Dan sayalah Ketua Pertama di PCPM Marelan ini," ujarnya.

"PCPM Marelan ini kami dirikan Tahun 2010, alhamdulillah sekarang sudah banyak kader Pemuda Muhammadiyah disini. Makan lanjutkan dakwah ini,"pungkas Epza.

Ketua Panitia BAD dan DANA Jamaluddin Sitomorang menyatakan, acara BAD-DANA Pemuda dan Nasiatul Aisyiah Marelan ini dilaksanakan selama dua hari tiga malam, dimulai sejak hari Jum'at sampai Minggu, 26-28 Agustus 2022.

Master of Trainig (MOT) Said Ahmad Sarhan Lubis menyatakan harapannya, agar para kader Pemuda Muhammadiyah dan Nasiatul Aisiyah yang mengikuti BAD dan DANA menjadi kader yang tangguh dan siap guna dalam semua tantangan ditengah masyarakat.*

(Gunawan)

TerPopuler

> Whatsapp-Button