Hal ini Yang Dilakukan Koramil Tongas Cegah Meluasnya PMK

Monday, August 1, 2022, 08:40 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Probolinggo - Koramil 0820/05 Tongas bersama dinas terkait  kembali melakukan penanganan penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak dengan melakukan monitoring sekaligus penyemprotan disinfektan.

Serda Rivandi anggota Koramil 0820/05 Tongas menyampaikan untuk pelaksanakan penanganan wabah penyakit mulut dan kuku berupa pengecekan kesehatan dan penyemprotan, untuk saat ini dilaksanakan di Desa Sumberejo Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo.

“Selain itu, kami juga memberi arahan dan himbauan kepada pemilik hewan ternak untuk tidak hanya menjaga kesehatan hewan dengan memberikan pakan yang berkuwalitas dan bergizi, tapi juga menjaga kebersihan kandang,” kata Serda Rivandi, Senin (1/8).
                            


Ia mengungkapkan, pengecekan dilakukan sebagai upaya antisipasi penyebaran penyakit PMK di Desa Sumberejo, bersama dengan sejumlah pihak juga menghimbau kepada warga apabila ada tanda-tanda penyakit pada hewan ternak agar segera melaporkan, sehingga segera dilakukan penanganan.

“Kami siap bersinergi dengan sejumlah pihak terkait dalam mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku ini,” ujarnya.

Babinsa berpostur tinggi tegap ini juga mengungkapkan bahwa pengecekan langsung pada hewan ternak sekaligus penyemprotan disinfektan merupakan upaya preventif untuk mencegah terjadinya penularan virus, sekali lagi dirinya berharap agar tetap menjaga kebersihan sarana prasarana.

Dirinya bersama tim akan terus bekerjasama untuk melakukan sosialisasi, pengecekan dan pendataan supaya dapat memetakan posisi kerawanan yang terpapar wabah PMK.

"Ini merupakan salah satu langkah preventif kita bersama guna mencegah penyebaran virus PMK yang berdampak pada hewan ternak dan perekonomian warga,” pungkasnya.*

(Taufiq/Pendim)

TerPopuler