Kapolsek Rendang Wakili Kapolres Karangasem Hadiri Mahasaba Ke III Arya Kanuruhan di Pura Agung Besakih

Jumat, 26 Agustus 2022, 15:51 WIB
Oleh Cinta Pradiva Alvina Ardianti

SNIPERS.NEWS | Karangasem - Bertempat di  Wantilan Mandapa Kesari Warmadewa Bencingah Pura Agung Besakih telah dilaksanakan kegiatan Mahasabha ke III Pratisantana Sira Arya Kanuruhan Tahun 2022. Jumat (26/08/2022).

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Para Pinandita, Ida Dalem Semara Putra Klungkung,  Wakil Gubernur Bali, Pimpinan DPRD Provinsi Bali, Forum Koordinasi Pimpinan Provinsi Bali, Bendesa Agung Majelis Desa Adat Provinsi Bali, Wakil Bupati Karangasem, Ketua Umum Pengurus (PSAK), Pengelingsir Para Gotra seBali, Wakil Bupati Karangasem, Dandim 1623/Karangasem diwakili Danramil Rendang, Kapolres Karangasem yang diwakili Kapolsek Rendang dan Camat Rendang.

Kegiatan diawalin dengan Pemujaan oleh Sulinggih yang dilanjutkan dengan pementasan Tari Panyembrahma dan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta Pembacaan Doa.

Sambutan dari Ketua Panitia Penyelenggara Mahasabha ke III Partisantana Sira Arya Kanuruhan Dr I Wayan Artha Dipa, S.H., M.H., mengucapkan, banyak terima kasih kepada para undangan atas kehadirannya dalam acara Mahasabha ke III.

"Dimana dalam kegiatan Mahasabha ini sangat penting untuk diketahui  asal muasal para Rsi dahulu untuk mencapai kemajuan umat manusia serta berdirinya Pura Pedarman Sira Arya Kanuruhan di  Pura Agung Besakih bertujuan untuk mewujudkan prilaku yang satria, cerdas, bijaksana, jujur dan tulus iklas dalam pengabdian untuk menjalankan swadarmaning Agama dan Negara," ucapnya.


"Serta mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah mendukung kegiatan Mahasabha ini sehingga dapat berjalan dengan lancar," sambungnya.

Ketua Umum Pratisantana Sira Arya Kanuruhan Pusat  I Wayan Geredeg, S.H., M.AP.,  mengatakan dalam sambutannya  menyampaikan, ucapan terima kasih juga kepada para undangan yang hadir, dimana Paiketan Pratisantana Sira Arya Kenuruhan bisa bersatu, serta menyampaikan agar kegiatan Mahasbha ini bisa berjalan dengan lancar.

Sementara itu, sambutan dari Ida Dalem Semara Putra Klungkung yang intinya menyapaikan, bahwa keturunan Sira Arya Kenuruhan tidak bisa di lupakan, dimana pada zaman modern seperti sekarang ini ada keunikan yang namanya adat yang perlu dilestarikan serta kemajuan tehnologi untuk bersatu membangun Bali yang sudah diwariskan oleh leluhur kita.

Wakil Gubernur Bali Dr. Ir. Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, M.Si., dalam sambutannya mengucapkan, selamat telah dilaksanakannya Mahasbha ke III Pretisentana Sira Arya Kanuruhan. Serta mengatakan, sangat sesuai dengan visi misi Nangun Satkerthi Loka Bali dengan mengedepankan rasa dari hati nurani kita agar tetap bersatu, kemudian dilanjutkan dengan pemukulan gong pertanda Mahasabha ke III Sira Arya Kanuruhan telah di buka secara resmi.

Kegiatan dilanjutkan dengan penetapan dan pengesahan peserta, jadwal acara, dan tata tertib serta pemilihan Ketua yang dilaksanakan oleh para panitia Mahasabha ke III Pratisentana Sira Arya Kanuruhan.*

(Arifin/Agung DP/Hms)

TerPopuler

> Whatsapp-Button