Kodim 0108/Agara Panen Perdana Ketahanan Pangan Demplot Jagung P- 32

Monday, August 8, 2022, 20:50 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Agara - Komandan Kodim 0108/Agara, Letkol Inf Robbi Firdaus, S.E., M.Si bersama Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Tenggara dan instansi terkait, resmi panen perdana jagung P – 32 di lokasi Demplot Kodim 0108/Agara, seluas 0.5 hektar di Desa Gumpang, Kecamatan Bukit Tusam, Kabupaten Aceh Tenggara, Senin (08/08/22).

Kegiatan itu, Dandim 0108/Agara didampingi oleh Camat Hasmi Zuhrianto, S.Pd, Danposramil Bukit Tusam, Kapolsek, anggota Persi KCK Cab. XXIII Dim 0108, Kepala BPP Kecamatan Bukit Tusam Putra M.Si, jajaran Kepala Desa Kecamatan Bukit Tusam, dan tamu undangan lainnya. Dengan mengangkat tema 'Mewujudkan Binter Dalam Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Melalui Pembinaan Ketahanan Pangan di Wilayah'.

Dandim 0108/Agara, Letkol Inf Robbi Firdaus, S.E.,M.Si pada kesempatan ini menyampaikan bahwa, kegiatan ini merupakan program Kodim 0108/Agara dalam rangka membantu pemulihan ekonomi masyarakat dalam bidang ketahanan pangan dengan luas 0,5 hektar di tengah kesulitan pasca pandemi Covid-19.
                              

"Saya mengucapkan terimakasih kepada bapak dan ibu semua atas luang waktu yang sudah hadir dalam kegiatan ini, sehingga pada hari ini kita bisa melaksanakan panen perdana komoditi jagung P-32 di lokasi Demplot Kodim 0108/Agara, dari yang sudah kita tanam selama 4 (Empat) bulan yang lalu," kata Dandim.

Terakhir, Dandim mengajak kepada semua, agar sama - sama menjaga kesehatan, karena saat ini juga ada namanya Penyakit Mulut dan Kuku ( PMK ) terhadap hewan ternak berkaki empat yang mungkin bisa juga berdampak terhadap manusia, hal ini juga berkaitan dengan Dinas Pertanian jika ada ternak yang sakit agar dikoordinasikan dengan pihak Dinas pertanian Kabupaten Aceh Tenggara dalam rangka pengobatan dan pelaksanaan vaksinasi PMK.

di waktu yang sama, Kepala BPP Kecamatan Bukit Tusam menambahkan, dirinya dari Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Bukit Tusam yang mewakili dari Dinas Pertanian  Kabupaten Aceh Tenggara memberikan apresiasi terhadap program Kodim 0108/Agara khusus Dandim 0108/Agara, atas bantuan ataupun upaya peningkatan ketahanan pangan untuk masyarakat Kecamatan Bukit Tusam.

"Kami dari Dinas Pertanian juga membantu dan berkolaborasi dengan Kodim 0108/Agara, untuk menciptakan ketahanan pangan agar masyarakat tidak mengalami stunting dalam hal ini stunting, pengaruhnya sangat besar terhadap ketahanan pangan di wilayah Kabupaten Aceh Tenggara," tutur Kepala BPP.

Kemudian perlu disampaikan, bahwa dalam program ketahanan pangan memang benar Kabupaten Aceh Tenggara komuniti jagung sangat berpotensi besar dan ini sudah diakui oleh Kabupaten Aceh lainnya.

Acara berlanjut dilaksanakan dengan panen perdana secara simbolis oleh Dandim 0108/Agara didampingi camat, para kades dan tamu undangan lainnya.*

(Dalisi/Pendim Kodim 0108 Agara)

TerPopuler