Usai Sholat Jumat, Pangdam Pattimura Silaturahmi Dengan Ketua MUI Maluku

Friday, August 12, 2022, 15:03 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Ambon - Pangdam XVI/ Pattimura Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa, S.E., M.M. melaksanakan ibadah Sholat Jumat di Masjid Al- Ijtihad Kodam XVI/ Pattimura, Belakang Kota, Ambon, Jumat (12/08/2022). 

Dalam kesempatan tersebut, Pangdam melaksanakan sholat Jumat bersama Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Maluku, sekaligus Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Maluku Dr. Abdullah Latuapo. 

Setelah kegiatan Sholat Jumat usai, Pangdam menyempatkan untuk bersilaturahmi dan berbincang dengan Ketua MUI yang baru saja usai menjadi khotib dan imam sholat Jum'at.

Adapun dalam perbincangannya, Pangdam banyak membahas mengenai kerukunan umat beragama di Maluku.

Jenderal bintang dua alumni Akademi Militer tahun 1988 itu menilai, bahwa kerukunan beragamalah yang menjadi kunci keutuhan dan keamanan bagi masyarakat Indonesia, utamanya Maluku dan Maluku Utara yang mana masyarakatnya sangat beragam.

"Pada prinsipnya pepatah dari Maluku, Ale Rasa Beta Rasa Katong Samua Basudara sangat relevan dan harus terus dilaksanakan dalam kehidupan sehari- hari," ucap Pangdam. 


"Karena, dengan adanya toleransi dan kerukunan antar umat beragama sangat berperan penting dalam menjaga kondusifitas dan keamanan di Maluku dan Maluku Utara," ujar Pangdam. 

Tak hanya itu, Pangdam menyampaikan kesiapan Kodam XVI/ Pattimura dalam mendukung setiap kegiatan yang dilakukan MUI Maluku. 

Pangdam juga mendorong agar komunikasi antar umat beragama terus aktif dilakukan dalam FKUB, salah satunya melalui dialog antar umat beragama. 

Dengan aktif berkomunikasi dalam FKUB dan mengadakan dialog antar umat beragama, tentunya akan semakin memperkuat toleransi antar beragama.

"Sehingga dapat mengantisipasi dan menghindari dari keterpengaruhan terhadap paham radikal dan permasalahan lainnya," imbuh Mantan Kabinda Sumatera Utara ini. 

Sementara itu, Ketua MUI juga menyatakan siap berkoordinasi dan mendukung tugas Kodam XVI/Pattimura dalam menjaga situasi wilayah agar selalu kondusif. 

"Dalam hal menjaga keamanan dan kebersamaan di wilayah Maluku ini, kami selaku tokoh agama selalu berkoordinasi antara satu, termasuk TNI. Kami berharap bisa memberikan kontribusi positif dalam menciptakan situasi yang aman dan damai di Maluku," tuturnya.*

(ATOM)

Sumber : Pendam16

TerPopuler