Bumi Perkemahan Sentul Gading Berkobar Api

Minggu, 18 September 2022, 00:09 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | ProbolinggoUntuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia), sekaligus melatih kemandirian dan kedisiplinan dalam suasana gembira sejak dini, hal inilah yang ingin digapai Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Kecamatan Gading Kabupaten Probolinggo lewat Latihan Gabungan (Latgab) perkemahan pramuka. 

Latgab tersebut digelar di Bumi Perkemahan Sentul Kecamatan Gading, diikuti oleh 33 Gudep (Gugus Depan) MI se-Kecamatan Gading.

Kepala Kankemenag (Kantor Kementerian Agama) Kabupaten Probolinggo, Dr. H. Achmad Sruji Bahtiar melalui Kasi Pendma, H. Barzan Ahmadi mengatakan, bahwa dirinya merasa bangga atas terselenggaranya kegiatan perkemahan dan turut memberikan penekanan dalam sambutannya saat membuka kegiatan, Jum’at (16/9/2022) sore.

“Kegiatan pramuka ini memiliki muatan nilai-nilai cinta pada NKRI, sejatinya kita juga menjalin silaturahmi antar anggota pramuka dari satu madrasah dengan madrasah yang lain, ini tentunya bisa menjadi pelajaran sekaligus motivasi pada adik-adik sekalian sebagai anggota pramuka di Kecamatan Gading,” kata H. Barzan.
                              

Selepas memberikan sambutan dan membuka kegiatan, H. Barzan menghampiri satu-persatu tenda peserta perkemahan gabungan untuk menyapa dan berfoto bersama. Nampak, H. Barzan berulangkali melempar senyum dan memberikan semangat peserta untuk terus bergembira selama menjalani perkemahan yang berlangsung hingga Minggu (18/9/2022).

Puncak kegiatan pada Sabtu (17/9) malam sekira pukul 20.30 WIB, yaitu pengobaran api unggun, acara tersebut merupakan salah satu kegiatan yang selalu ditunggu dan merupakan kegiatan favorit dalam perkemahan Pramuka.

Disampaikan Abd Hadi, selaku ketua pelaksana kegiatan, bahwa acara api unggun diikuti oleh seluruh peserta dan dilaksanakan secara khidmat. "Peserta Pramuka sangat riang gembira dan penuh suka cita, semuanya larut dalam nuansa api unggun," ucapnya.

Sementara, Pengawas Madrasah Kecamatan Gading, Abd Samad, M.PdI, ditunjuk sebagai pembina upacara api unggun sangat mengapresiasi kegiatan yang terlaksana.

"Ini semua terlaksana atas kekompakan Kepala MI se-Kecamatan Gading. Kegiatan Perjusami (Perkemahan Jum'at Sabtu Minggu) ini adalah kegiatan yang sangat positif dan banyak memberikan berbagai pengalaman bagi siswa madrasah," papar Abd. Samad.

Masih kata Samad, acara api unggun juga merupakan acara yang sangat berguna untuk meningkatkan jalinan persaudaraan antar anggota Pramuka, termasuk dengan kakak pembina.

"Pada dasarnya, acara ini mengandung nilai-nilai pendidikan karakter bagi peserta didik. Khususnya anggota Pramuka yang berasal dari MI se-Kecamatan Gading," pungkas Samad.*

(Taufiq)

TerPopuler

> Whatsapp-Button