Edukasi Siswa SMA di Papua, Satgas Pamtas Yonif 711/Rks Berikan Pelajaran Pertolongan Pertama

Sabtu, 10 September 2022, 12:32 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Keerom - Untuk meningkatkan ilmu pengetahuan kesehatan generasi penerus bangsa, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 711/Rks Brigif 22/OM Pos Ujung Karang memberikan pengetahuan kesehatan tentang memberikan pertolongan pertama kepada orang tidak sadarkan diri kepada siswa-siswi SMA YPK Yetti di Kampung Pikere, Distrik Arso Timur, Kabupaten Keerom, Papua, Jumat (09/09/2022). 

Hal tersebut disampaikan Danpos Ujung Karang Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 711/Rks Kapten Inf Arnold Paretta dalam keterangannya. Danpos mengungkapkan, bahwa dipimpin oleh Bintara Pelatih (Batih) Pos Ujung Karang beserta 10 orang anggota melaksanakan pembekalan memberikan ilmu pengetahuan kesehatan tentang pertolongan pertama kepada orang tidak sadarkan diri. 

"Tujuan dari kegiatan ini agar siswa-siswi mengetahui bagaimana pertolongan medis untuk mengembalikan kemampuan napas dan sirkulasi darah yang terhenti karena kondisi atau situasi tertentu, tindakan ini perlu dilakukan secara cepat dan tepat sebagai langkah awal menyelamatkan nyawa seseorang," ucapnya.

Dapat dicontoh, apabila siswa-siswi menemukan orang yang mengalami henti napas dan henti jantung karena berbagai alasan, seperti serangan jantung, kecelakaan, atau tenggelam, agar bisa dilakukan upaya pertolongan pertama.
                              

Ilmu kesehatan yang diajarkan adalah untuk orang yang butuh pertolongan pertama apabila rumah sakit, puskesmas dan tim kesehatan jauh dari jangkauan.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi generasi muda, karena pengetahuan ini dapat memberikan pertolongan pertama kepada orang tidak sadarkan diri," terang Danpos Ujung Karang Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 711/Rks Kapten Inf Arnold Paretta.

Tugas dan fungsi Satgas Pamtas Yonif 711/Rks bukan hanya menjaga pengamanan perbatasan RI-PNG saja melainkan juga memberikan wawasan dan pengetahuan kepada masyarakat, salah satunya tentang kesehatan.

Danpos Ujung Karang Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 711/Rks Kapten Inf Arnold Paretta berharap ilmu pengetahuan tersebut bisa digunakan untuk kepentingan banyak orang, termasuk bagi anak-anak SMA YPK Yetti.

Mendapatkan apresiasi yang tinggi dari salah satu guru sekolah SMA YPK Yetti, yaitu Leonard.

Semua disini sangat berterima kasih kepada Pos Ujung Karang Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 711Rks yang sudah membantu dan memberikan ilmu pengetahuan dan keterampilan kesehatan yang dimiliki untuk para siswa- siswi

"Terima kasih kepada bapak-bapak Satgas Pos Ujung Karang atas kehadirannya di sekolah kami ini dan memberikan pelajaran yang sangat berharga dan bermanfaat bagi kami semua," ucapnya. 

Dirinya berdoa, semoga dengan bekal pengetahuan kesehatan yang diberikan Satgas TNI ini dapat berguna dan bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

"Kami selaku guru di sekolah SMA YPK Yetti ini tidak bisa membalas kebaikan yang bapak lakukan selama ini, kami akan selalu berdoa dan berharap semoga Tuhan akan selalu senantiasa melihat budi baik bapak-bapak sekalian dan membalasnya dengan setimpal," ungkap Leonard.*

(ATOM)
Sumber : Pen Yonif 711/Rks.

TerPopuler

> Whatsapp-Button