Isi Jeda Semester, Siswa SDN 4 Bhuana Giri Laksanakan Pembersihan dan Persembahyangan di Pura Dalem Sidhi Bebandem

Jumat, 23 September 2022, 17:07 WIB
Oleh Cinta Pradiva Alvina Ardianti

SNIPERS.NEWS | Karangasem - Dalam rangka mengisi jeda semester tahun pelajaran 2022/2023, Kepala Sekolah dan Dewan Guru serta siswa-siswi SDN 4 Bhuana Giri melaksanakan kegiatan pembersihan dan sekaligus menggelar persembahyangan bersama di Pura Dalem Sidhi Dusun Dangin Sema Desa Bhuana Giri Kecamatan Bebandem Kabupaten Karangasem, Bali, Jumat (23/09/2022) sekira pukul 07.30 Wita.

Menurut Kepala Sekolah SDN 4 Bhuana Giri I Wayan Agus Giri Aditya Pratama, S.Pd.SD., kegiatan ini sengaja dilaksanakan bersama agar para siswa-siswi lebih mengenal konsep Tri Hita Karana.

"Sekolah kami hari ini melakukan pembersihan dan persembahyangan bersama, hingga pembelajaran tentang Agama Hindu. Ini erat kaitannya, dimana kami mengimplementasikan secara nyata dalam kehidupan sehari-hari tentang konsep Tri Hita Karana," kata Kepala Sekolah SDN 4 Bhuana Giri.


Lebih lanjut dijelaskannya, tiga penyebab kebahagiaan, dan Tri Hita Karana adalah, pertama hubungan yang harmonis antara manusia dengan Tuhan.

"Kami implementasikan dengan persembahyangan bersama dengan tertib, serta lebih mengenal Dewa-Dewa yang beristana di Pura tersebut. Kedua, hubungan harmonis antara manusia dengan manusia, kami implementasikan dengan bagaimana siswa saling membantu dan bergotong-royong dalam melakukan pembersihan tanpa mengenal agama maupun suku," ungkapnya.

Sementara yang ke tiga, jelasnya, hubungan yang harmonis antara manusia dengan lingkungan. "Kami mengimplementasikannya dengan cara melakukan pembersihan di areal Pura Dalem Sidhi, sehingga lingkungan yang bersih akan menciptakan kenyamanan serta keindahan untuk di pandang," sambungnya.


Lebih lanjut disampaikannya, bahwa lingkungan yang bersih inilah yang nantinya bisa menciptakan aura maupun vibrasi yang positif di dalam melakukan persembahyangan, sehingga bisa menjadi lebih fokus dalam beribadah dan meditasi.

"Ini juga yang menjadi kebiasaan yang baik bagi siswa-siswi kami di dalam menjaga lingkungan, serta meningkatkan sikap religius mereka dalam kehidupan nantinya," tutup Kepala Sekolah SDN 4 Bhuana Giri I Wayan Agus Giri Pratama.

Dari pantauan awak Media Snipers.news, kegiatan pembersihan dan persembahyangan dilakukan oleh seluruh siswa-siswi dari kelas 1 sampai kelas 6 dan berakhir sekitar pukul 10.30 Wita.*

(Arifin)

TerPopuler

> Whatsapp-Button