Jelang Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H, Ketua Lesbumi NU Bali Ziarah ke Makam Sunan Mumbul

Sunday, September 25, 2022, 17:15 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Karangasem - Jelang memperingati Maulid Nabi Muhammad Saw 1444 H yang jatuh pada tanggal 8 Oktober 2022, Ketua Lesbumi NU Bali Habib Dicky Laksamana di dampingi Ny. Umi Ria Laksamana beserta rombongan Jamaah Istiqosah Ruqiah Bathin (IRB) melaksanakan Ziarah ke Makam Raden Datuk Mas Pekel/Sunan Mumbul di Desa Seraya Kecamatan/Kabupaten Karangasem, Bali, Minggu (25/09/2022) sekira pukul 10.00 Wita.

Kegiatan Ziarah Kubur dan doa bersama yang dilaksanakan Ketua Lesbumi NU Bali beserta Jamaah Istiqosah Ruqiah Bathin ini sebagai upaya melestarikan tradisi yang sudah turun temurun.


"Saya ucapkan terima kasih kepada para Jamaah Istiqosah Ruqiah Bathin yang telah meluangkan waktunya untuk ziarah ke Makam Raden Datuk Mas Pekel atau yang kita kenal Sunan Mumbul dan keberadaan makam beliau ini terbagi menjadi dua, yaitu ada di Lombok Mataram dan yang satu ada di Desa Taman Ujung Karangasem ini. Dan sebagai rasa penghormatan kita kepada leluhur para ulama khususnya di Bali," ucap Habib Dicky Laksamana.

"Raden Mas Datuk atau Sunan Mumbul adalah salah satu Wali di Desa Taman Ujung, dan beliau juga menantu dari Raja Karangasem yang pertama kali syiar Islam di Desa Taman Ujung pesisir pantai ini," terangnya.


Lebih lanjut Habib Dicky mengatakan, kewalian Sunan Mumbul belum banyak yang tahu, terutama bagi warga Nahdiyin Nu. "Semoga, dengan kita datang ke makam ini untuk berziarah dan menggelar doa bersama pada momen hari besar Islam seperti ini, bisa menambah pengetahuan sekaligus untuk bersilaturahmi yang tiada batasnya," sambungnya.

"Semoga ke depan, lanjut Habib Dicky Laksamana, di setiap momen hari besar Islam kita bisa memperingatinya dan menjadi berat timbangan amalan kita di akhirat, serta kita berharap mendapatkan syafaat dari Kanjeng Nabi Muhammad SAW kelak di akhirat," tutup Ketua Lesbumi NU Bali dan juga sebagai pendiri Istiqosah Ruqiah Bathin ini.*

(Arifin)

TerPopuler