Kapolres Bersama Bupati Simalungun Dampingi Deputi II Staf Presiden (KSP) Silaturahmi dan Berdialog Dengan Masyarakat Sihaporas

Friday, September 2, 2022, 22:43 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Simalungun - Abetnego Panca Putra Tarigan  yang merupakan Deputi II Staf Presiden yang membidangi Pembangunan Manusia (KSP) melaksanakan kegiatan silaturahmi guna mempererat tali persaudaraan dengan Masyarakat Adat Ambarita Sihaporas (Lamtoras), guna melihat secara langsung permasalahan konflik lahan antara masyarakat Sihaporas dengan PT. Toba Pulp Lestari.

Deputi II Staf Presiden Abetnego Panca Putra Tarigan datang dengan didampingi Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga, SH., bersama dengan Kapolres Simalungun AKBP Ronald Fredy C Sipayung, S.H., S.I.K., M.H.

Kegiatan pertemuan Deputi II Staf Presiden bersama dengan Forkopimda Kabupaten Simalungun dan masyarakat Sihaporas bertempat di Bagas Godang Lembaga Adat Keturunan Ompung Mamontang laut Ambarita Sihaporas (Lamtoras) Dusun Lumban Ambarita / Nagori Sihaporas Kecamatan Pamatang Sidamanik Kabupaten Simalungun, Jumat(2/9/2022).
                         

Dalam sambutannya, Kapolres Simalungun AKBP Ronald Fredy C Sipayung, S.H., S.I.K., M.H., mengatakan dirinya sudah lebih dari enam kali melakukan pertemuan intensif kepada masyarakat Sihaphoras dan mengetahui bahwa masyarakat Sihaporas dapat diajak koordinasi, terbukti dari beberapa hal-hal yang telah bersama ditemukan solusi terkait dengan keamanan serta ketertiban.

Sesuai dengan fungsi dan tanggung jawab dari pihak kepolisian bahwa keamanan serta ketertiban masyarakat adalah yang utama, terkait dengan hal-hal yang diinginkan masing-masing harus ada koridor yang harus diikuti, tahapan-tahapan yang tetap dilaksanakan sesuai dengan instansi yang berkompeten namun harus tetap menjaga situasi yang aman.

"Apabila situasi berubah menjadi tidak aman maka yang disusahkan adalah kita semua bapak/ibu yang bertani menjadi terhalang, anak-anak sekolah menjadi terhalang juga pihak TPL juga tidak nyaman untuk beroperasi, semua kita dirugikan, disini saya (Kapolres Simalungun) tetap menghimbau kepada kedua belah pihak untuk dapat menjaga keamanan serta ketertiban bersama sampai semua keputusan diterima oleh kita bersama melalui pemerintah," ucap AKBP Ronald.

Sementara itu, Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga, SH., menyampaikan dalam sambutannya bahwa, perlu disampaikan bahwa kehadiran Deputi II Staf Presiden disini merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Presiden Jokowi terhadap rakyatnya, namun hanya saja memang ada beberapa langkah-langkah untuk mewujudkan apa yang menjadi harapan dan harus dilewati bersama-sama dan harus dihormati.

"Saya sebagai kepala daerah merasakan apa yang Bapak/Ibu rasakan untuk kepentingan kelangsungan kehidupan, namun disisi lain pemerintah juga membutuhkan investasi yang mana dari hasil investasi tersebut dapat dipergunakan oleh halayak ramai, dapat dipergunakan untuk pendidikan, kesehatan serta pertahanan negara, untuk itu saya berharap kepada bapak/ibu untuk dapat mengerti hak dan tanggung jawab dari semua kegiatan ini," ucap Bupati.

Deputi II Staf Presiden Abetnego Panca Putra Tarigan juga menyampaikan sambutan dengan mengatakan bahwa, hadirnya menjadi bukti bahwa pemerintah ada untuk rakyat, apa yang menjadi permasalahan akan disampaikan kepada Presiden Republik Indonesia.

"Kegiatan ini juga merupakan silaturahmi kami kepada Bapak/Ibu sekalian untuk dapat saling mengenal dan saling memahami, bahwa kami dari pihak pemerintahan dan bapak/ibu sebagai warga Negara Republik Indonesia," terangnya.

"Saya ingin menyampaikan kepada bapak/ibu sekalian bahwa kami disini merupakan pihak dari pemerintah dan perlu dipahami bahwa pemerintah itu satu namun semua memiliki peran dan tanggung jawab masing-masing dan dengan batasan-batasan yang sudah diatur didalam perundang-undangan," imbuhnya.

Deputi menyebut telah menyelesaikan dibeberapa tempat yang kasusnya menyerupai dengan permasalahan yang ada disini, dan sesuai laporan yang sudah disampaikan dan sudah diketahui oleh Presiden Jokowi bahwa permasalahan TPL ini juga menyangkut permasalahan lingkungan hidup, permasalahan air, umbul dan yang lainnya, untuk itu dirinya berharap dapat bersama-sama melihat seperti apa pencemaran lingkungan yang dimaksud.

"Dalam kesempatan ini saya mengucapkan terimakasih kepada bapak/ibu sekalian atas penyambutan kami disini, dan ini pertama sekalai saya datang kesini, untuk itu saya senang sekali bisa bertemu bapak/ibu," tandas Abetnego.

Nampak hadir, Deputi II Staf Presiden Bidang Pembangunan Manusia (KSP)  Abetnego Tarigan., Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga, SH., Kapolres Simalungun AKBP Ronald Fredy C Sipayung, S.H., S.I.K., M.H., Kasintel Korem 022/Pantai Timur Letkol Infantri Ali Siregar., Kasdim 0207/SML Mayor Infantri Margana., Kasat Intelkam Polres Simalungun Iptu Teguh., Danramil 17/Simalungun Kapten Inf. Simatupang., Kapolsek Sidamanik Akp Eli Nababan., Pangulu Sihaporas Jaulahan Ambarita.*

(PN)
Editor : Taufiq

TerPopuler