Laksanakan Program Ketahanan Pangan, Mutiara Pattimura Bersinergi Dengan Seluruh Elemen di Maluku

Selasa, 20 September 2022, 16:10 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Ambon - Program ketahanan pangan dilaksanakan hari ini dalam Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan Provinsi Maluku. Program Mutiara Pattimura tersebut, pihak Kodam dan Korem 151/Binaiya melibatkan seluruh stockholder, Forkopimda baik itu Provinsi maupun Kota Ambon serta masyarakat.

Kegiatan program Mutiara Pattimura ini guna membantu masyarakat tentang pentingnya tata cara menanam cabai dan bawang merah dengan baik, sehingga bisa mendapatkan hasil yang maksimal, yang dilaksanakan hari ini, Selasa (20/9/2022).

Bertempat di Kebun Kelompok Tani Mutiara Pattimura, Universitas Pattimura, Desa Rumah Tiga Kecamatan Teluk Ambon Kota Ambon, melaksanakan kegiatan Pencanangan Gerakan Menanam Cabai dan Bawang Merah di Provinsi Maluku dalam rangka Gerakan Nasional Pengendalian Inflansi Pangan Provinsi Maluku. 

Kasi Ter Korem 151/ Binaiya, mengutip  sambutan Pangdam XVl/Pattimura Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa, S.E., M.M. mengatakan, kegiatan penanaman di kebun Mutiara Pattimura ini sudah diprakarsai oleh Pemerintah Daerah, dan selama ini program telah berjalan yang berfokus pada tanaman holtikultura seperti kacang panjang, terong, tomat, gambas dan labu siam, bahkan sudah beberapa kali dilaksanakan panen.

Hari ini dilanjutkan dengan penanaman cabai dan bawang merah, dalam rangka memperkuat kemampuan wilayah untuk menyediakan pangan terhadap masyarakat. Karena diketahui bersama, bahwa bahan pangan merupakan salah satu sebab terjadinya inflasi, untuk itu kegiatan penanaman hari ini adalah salah satu upaya memaksimalkan produksi dari produk unggulan pertanian yang menjadi konsumsi utama bagi masyarakat.


Lebih lanjut dikatakan, bahwa kegiatan penanaman cabai dan bawang merah ini juga merupakan salah satu langkah untuk menekan laju inflasi dari komoditas pangan, sehingga dapat membantu dan meringankan beban masyarakat.

Untuk itu, Kodam XVI/Pattimura terus bersinergi untuk memberikan kontribusi yang optimal dalam menyukseskan program pemerintah, dalam upaya pencanangan gerakan tanam cabai dan bawang merah dalam rangka membantu kesulitan masyarakat.

Selain itu, Kodam XVI/Pattimura akan mendukung dan membantu tercapainya program pembangunan di daerah, baik pada aspek keamanan maupun aspek kesejahteraan.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Gubernur Provinsi Maluku, Kapoksahli Kodam XVl/Pattimura, Ketua DPRD Provinsi Maluku, Sekda Provinsi Maluku, Penjabat Walikota Ambon, Aster Kasdam XVI/Pattimura, Wadan Lantamal IX Ambon, Kasiter Korem 151/Binaiya, Dandim 1504/P. Ambon, Wadan Lanud Pattimura, Ka Biro Ops Polda Maluku, Kakanwil Kementrian Agama Provinsi Maluku, Forkopimda Provinsi Maluku dan Kota Ambon dan Para pimpinan OPD Provinsi Maluku.

Hadir juga Kepala Kantor Wilayah Bea dan Cukai Maluku, Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku, Dekan Fakultas Pertanian Universitas Pattimura, Ketua Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGPP) Provinsi Maluku, Kasi Penerangan Hukum Kajati Maluku, Para tokoh Agama dan Masyarakat Provinsi Maluku, Para tamu undangan -+ 300 Orang.*

(ATOM)

Sumber : Panrem151

TerPopuler

> Whatsapp-Button