Lihat Warga Terluka, Tanpa Pikir Panjang Satgas Pamtas Yonif 711/Rks Lakukan Ini

Rabu, 21 September 2022, 12:20 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Keerom - Tim kesehatan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 711/Rks Brigif 22/OM di Pos Pitewi dengan cepat mengobati warga yang terluka terkena balok di Kampung Pitewi, Distrik Arso Timur, Kabupaten Keerom, Papua, Selasa (20/09/2022).

Hal tersebut disampaikan Danpos Pitewi Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 711/Rks Letda Inf Daniel F. Marbun dalam keterangannya. 

Kejadian tersebut berawal, pada malam di Pos Penjagaan TNI yang sedang bertugas di Pos Pitewi, tiba-tiba datang warga atas nama Jonathan (27) yang mengalami pendarahan terluka di bagian kepala untuk meminta pertolongan, dikarenakan terluka tertimpa kayu balok pada saat berkerja di somil kayu, dengan diantar oleh rekannya langsung membawa ke Pos TNI terdekat. 

Tanpa berpikir panjang, Danpos Pitewi Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 711/Rks Letda Inf Daniel F. Marbun memerintahkan tim kesehatan untuk mengobati dengan melakukan pemeriksaan dan pengobatan awal sebagai pertolongan pertama.

"Kepala korban mengalami pendarahan yang lumayan parah, sehingga tim kesehatan Satgas segera menyiapkan peralatan medis untuk mengobati luka korban," jelas Danpos Pitewi Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 711/Rks Letda Inf Daniel F. Marbun.

"Setelah dilakukan pemeriksaan korban terkena luka robek di kepala, Tim kesehatan Satgas Yonif 711/Rks Pos Pitewi melakukan pembersihan kotoran diberi obat merah kemudian di perban agar tidak terus mengeluarkan darah," imbuhnya.


Sementara itu, terkait pertolongan pertama yang diberikan kepada warga tersebut, Danpos Pitewi Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 711/Rks Letda Inf Daniel F. Marbun mengungkapkan, bahwa tugas pokok prajurit Satgas bukan hanya menjaga keamanan di wilayah perbatasan, namun juga memberi manfaat bagi masyarakat sekitar, salah satunya dalam bentuk pelayanan kesehatan bagi warga yang membutuhkan, terutama yang berada di sekitar Pos Satgas.

Di tempat yang sama, Anggota Kesehatan yang ikut mengobati yaitu Pratu Kurniawan mengatakan, sebelum korban pulang diberikan obat anti nyeri dan antibiotik untuk mencegah infeksi guna menutup luka serta mempercepat penyembuhan pada lukanya.

"Saya berpesan agar kembali lagi ke Pos ini setelah tiga hari untuk kontrol kondisi luka di bagian kepala, serta mengonsumsi makanan tinggi protein serta beristirahat yang cukup dan meminum obat yang sudah diberikan," jelas Pratu Kurniawan.

Sementara itu, Jonathan (27), selaku warga yang diobati menyampaikan terima kasih kepada Satgas Pamtas Yonif 711/Rks Pos Pitewi atas semua pertolongan yang telah diberikan dan diterimanya. 

"Pelayanan kesehatan yang diberikan oleh bapak-bapak tentara sangat cepat, setiba saya di Pos Satgas langsung mendapat pertolongan pada kepala yang mengalami luka," katanya. 

"Saya tidak menyangka prajurit TNI sangat baik sekali walaupun malam hari tetap mau membantu obati luka dengan ikhlas,
ini pengalaman baru yang saya alami, terimakasih bapak tentara," imbuh Jonathan.*

(ATOM)

Sumber : Pen Yonif 711/Rks

TerPopuler

> Whatsapp-Button