Serda Rusli : Santri Ingin Jadi TNI-AD? Ini Syaratnya

Minggu, 11 September 2022, 16:48 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Probolinggo - Tentara Nasional Indonesia (TNI) membuka kesempatan bagi masyarakat untuk menjadi prajurit TNI Angkatan Darat (AD) melalui jalur khusus santri dan lintas agama.

Penerimaan prajurit TNI AD ini disosialisasikan Koramil 0820/05 Tongas di Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Ma'sum, Dusun  Makam RT.08/RW.03 Desa Curahtulis, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo, Minggu (11/9/2022).

Rekrutmen calon prajurit TNI AD jalur khusus ini merupakan gagasan atau program dari Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman.

Babinsa Koramil 0820/05 Tongas Serda Rusli Hartanto, sosialisasi ini dilaksanakan agar para santri mendapatkan informasi yang cukup terkait dengan persyaratan masuk TNI AD.

Menurutnya, khusus jalur santri ini akan diakomodir melalui rekrutmen Calon Bintara (Caba) Prajurit Karier (PK) TNI Angkatan Darat TA 2022. Salah satu kriterianya adalah para calon prajurit merupakan santri lulusan pondok pesantren.
                             

Untuk persyaratan pendidikan umum Caba Prajurit Karier jalur santri diantaranya, berijazah setingkat Ulya atau Madrasah Aliyah (MA). Untuk Caba PK jalur lintas agama minimal berijazah SMA/SMK sederajat. Selain itu, untuk kriteria lainnya memenuhi persyaratan umum menjadi prajurit TNI Angkatan Darat.

Sedangkan syarat wajib untuk bisa masuk TNI jalur santri adalah memiliki keahlian membaca Al Qur'an dengan baik, hafal Juz Amma, mampu berpidato atau kultum, dan mampu menjadi imam shalat.

"Syarat tambahannya adalah memahami hadist minimal 3 hadist, dapat membaca dan menterjemahkan kitab kuning, mampu berbahasa arab, dan surat rekomendasi dari pengasuh atau pimpinan pondok pesantren," kata Rusli hartanto

Ditempat terpisah, Pengasuh Pondok Pesantren Darul Ma'sum, KH. Maksum menyampaikan, terima kasih dan turut menyambut baik program perekrutan TNI Angkatan Darat ini.

Menurutnya, sosialisasi ini sangat bagus dan menjadi pembuka kesempatan atau ruang terbuka yang besar bagi para santri untuk bergabung menjadi TNI AD.

"Kami berharap kepada para santri, khususnya Santri Ponpes Al Rosyid ini bisa mendaftar TNI Angkatan Darat nantinya," ujarnya.*

(Taufiq/Pendim 0820)

TerPopuler

> Whatsapp-Button