Tim Monev Didampingi Anggota Koramil 0820/20 Banyuanyar, Ada apa?

Wednesday, September 28, 2022, 08:59 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Probolinggo - Gencarnya pola pembangunan di desa, seiring dengan pola pengawasan. Pembangunan yang berada di wilayah Kecamatan Banyuanyar terlihat lebih menonjol dengan aktifnya perangkat kecamatan termasuk desa dalam membentuk tim pengawasan pembangunan di wilayahnya, ini pula yang terjadi di Desa Klenang Lor.

Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) dari Kecamatan  Banyuanyar didampingi oleh Babinsa Koramil 0820/20 Banyuanyar jajaran Kodim 0820/Probolinggo melakukan pengecekan pemanfaatan Dana Desa (DD) dalam pembangunan saluran irigasi sepanjang 160 meter di Desa Klenang Lor  Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo, Rabu (28/09/2022). 

Giat pengawasan tersebut terdiri dari perencanaan, pelaksanaan sampai dengan pengawasan hasil akhirnya yang sering dikatakan umum dalam kalangan pemerintahan dengan istilah 'Monev' dari kepanjangan monitor dan evaluasi. 

Proses monitoring dan evaluasi pelaksanaan pekerjaan merupakan tahap yang penting untuk melihat pencapaian pekerjaan dalam mengatasi masalah pembangunan yang ingin dipecahkan. Monitoring dan evaluasi ini digunakan untuk menilai efisiensi, efektivitas, ataupun manfaat dari suatu pekerjaan.

Peran Babinsa dalam mengawal DD beserta alokasinya adalah untuk mengetahui kegiatan pembangunan. Pengecekan tersebut dilakukan untuk memastikan penggunaan DD efektif dan tepat sasaran.

Pada kesempatan tersebut, Babinsa Koramil 0820/20 Banyuanyar Serma F Rohman memberikan saran dan masukan untuk menjaga kualitas dan kuantitas pekerjaan sesuai dengan RAB/RPD, tertib administrasi, dan melengkapi beberapa data dukung yang belum lengkap, karena tugas fungsi sinergi tiga pilar desa, juga ikut serta memonitor penggunaan DD maupun ADD.

“Selaku pembina pesa, kami mengajak kepada pemerintah desa untuk senantiasa menjaga dan menjalankan amanat rakyat ini, terlebih kualitas maupun kuantitasnya,” pungkasnya.*

(Taufiq/Pendim 0820)

TerPopuler