Bupati Tanjab Barat Buka Pelatihan Batik Canting Emas

Rabu, 19 Oktober 2022, 19:37 WIB
Oleh Cinta Pradiva Alvina Ardianti

SNIPERS.NEWS | Tanjab Barat - Bupati Tanjab Barat Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag. menghadiri sekaligus membuka secara resmi kegiatan "Pelatihan Batik Canting Emas Cipta Batik Tingkatkan Ekonomi Masyarakat", yang diselenggarakan oleh Dinas Koperindag dan Petrochina, Rabu (19/10/2022).

Kegiatan yang dilaksanakan di Balai Pertemuan Kantor Bupati ini, juga turut dihadiri oleh Pimpinan SKK Migas Petrochina, Kepala Dinas Koperindag, Narasumber, para peserta serta tamu undangan lainnya.

Sesuai laporan Kadis Koperindag Syafriwan, S.E. Kegiatan pelatihan ini rencananya akan dilaksanakan selama 6 hari kedepan, mulai tanggal 19 hingga 25 Oktober 2022 yang akan dipusatkan di Sorum Dekrasnada.

"Peserta sebanyak 25 orang yang terdiri dari 3 Kecamatan, yakni Kecamatan Tungkal Ilir, Kecamatan Betara dan Kecamatan Kuala Betara, serta pelatihan ini bentuk kepedulian dari Petrochina untuk meningkatkan kualitas batik di Tanjab Barat," tambahnya.

Masih pada kegiatan yang sama, Pimpinan SKK Migas Saiful sampaikan, bahwa Pelatihan Batik Canting Emas ini merupakan program pengembangan masyarakat SKK Migas Petrochina Internasional Jabung Ltd kerjasama dengan Diskoperindag/Dekranasda Kabupaten Tanjab Barat tahun 2022.

"Kami merasa bangga bisa mengawal kegiatan pelatihan batik ini. Ini merupakan komitmen kita, Batik di Tanjab Barat memiliki potensi yang luar biasa untuk dikembangkan agar dapat meningkatan ekonomi masyarakat," ungkapnya.

"Diharapkan, pelatihan ini semakin meningkatkan keahlian, membuka peluang baru, Batik Tanjab Barat semakin maju dan berkembang pesat. Kualitas lebih baik dan kuantitas dapat bersaing dengan produk lain, dan kami akan membantu mempromosikan ke forum yang lebih besar lagi," tambahnya.

Sementara itu, Bupati Tanjab Barat Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag., dalam sambutannya sampaikan apresiasi kegiatan pelatihan batik yang digagas Diskoperindag dan Petrochina tersebut. 

Lebih lanjut, Bupati berharap, melalui momen pelatihan tersebut dapat memunculkan ide dan cara untuk perkembangan industri kreatif dan kerajinan di wilayah Kabupaten Tanjab Barat, terutama terkait batik.

"Terima kasih kepada pihak Petrochina International Jabung yang telah bersedia bekerjasama dengan pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat untuk mengadakan program pemberdayaan masyarakat di bidang ekonomi kreatif  bidang batik tingkat lanjut. Kami sangat berharap bisa bersinergi dan berkolaborasi untuk pengembangan pengrajin batik khas Kabupaten Tanjung Jabung Barat," ungkapnya.

Masih dalam sambutannya, Bupati juga sampaikan, bahwa keberadaan batik di Tanjung Jabung Barat terus mengalami perkembangan, hampir setiap Kecamatan di Kabupaten Tanjab Barat memiliki penghasil batik dengan ciri khas dan motif batik sesuai dengan daerah atau tempat tinggal masing-masing pengrajin.

"Saya sangat percaya dan yakin bahwa produk-produk kerajinan batik yang kita hasilkan akan dapat menjadi keunggulan, tentunya peningkatan minat masyarakat dalam meningkatkan ragam dan kualitas produk kerajinan batik kita tidak terlepas dari peran Dekranasda dan unsur terkait lainnya," tutupnya.

(DN)

TerPopuler

> Whatsapp-Button