Hadapi Pensiun, Cak Agus Sibukkan diri di Musholla dan Gowes

Kamis, 20 Oktober 2022, 05:44 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Probolinggo - Konsekwensi seorang abdi negara atau lazim disebut Aparatur Sipil Negara (ASN) di seluruh jajaran instansi pemerintahan dipastikan jabatan terakhir adalah pensiun atau purna dinas.

Maka dari itu, tidak sedikit para ASN yang mendekati pensiun ambil ancang ancang membuat aktivitas sampingan agar ketika masuk masa purna dinas, tidak mengalami shock atau stres akan peralihan situasi.

Berbagai macam cara dilakukan, ada yang memulai di dunia bisnis dengan berdalih persiapan pensiun, juga ada yang banting setir belajar bertani, berkebun, dan sebagainya.

Lain halnya dengan pegawai yang satu ini. Agus Orbawan S.Sos, kelahiran Trenggalek, 17 Agustus 1967, yang kini masih menjabat sebagai staff di Kantor Kearsipan Pemerintah Daerah Kabupaten Probolinggo.

Ketika ditemui di kediamannya, Perumahan Pondok Pabean Indah (Perum PPI) Blok S nomor 07, Desa Pabean Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo, Cak Agus (sapaan akrabnya-red) mengaku, bahwa aktivitas rutin yang dilakukan diluar jam dinas adalah menjaga dan merawat musholla didekat rumahnya.
                              

"Alhamdulillah mas, kebetulan rumah saya berdekatan dengan fasilitas umum (fasum) musholla milik Perum PPI. Jadi, saya berupaya istiqomah untuk memakmurkan tempat ibadah ini," kata Cak Agus kepada Sniers.News mengawali bincang santainya, Kamis (20/10) pagi.

Sisa jabatan kurang 3 tahun, tidak membuat mantan Pj Kepala Desa (Kades) Kalirejo ini gelisah. Menurutnya, jabatan adalah amanah atau titipan yang sifatnya sementara.

"Jadi, lepas dinas, saya fokus menyibukkan diri dengan ibadah dan olah raga gowes bersama bapak bapak di Perum PPI ini mas," celetuk suami dari Lilik Yulianawati ini.

Ternyata, Cak Agus yang masih terlihat muda tersebut mempunyai resep hidup yang sederhana. Berusaha jujur, sabar, ikhlas, perbanyak sholawat dan istighfar.

"Terus terang, saya bukan orang baik. Tapi kami terus berupaya ingin menjadi baik, semoga di usia 55 tahun menjelang pensiun ini, kami mampu menjadi muslim yang khoirunnas anfa'uhum linnas," pungkas Cak Agus dengan senyum khasnya.*

(Taufiq)

TerPopuler

> Whatsapp-Button