Rokok Ilegal Merk H-Mind Beredar Bebas di Kepri, Dimana APH ?

Sabtu, 29 Oktober 2022, 12:18 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Batam - Menjamurnya peredaran rokok tanpa pita cukai di Kabupaten Bintan dan Kota Tanjungpinang menimbulkan pertanyaan besar kepada Aparat Penegak Hukum (APH), terkait siapa "Mafia" dan bagaimana fungsi pengawasan serta penyelidikan dan penindakan yang berwenang dalam mencegah peredaran rokok ilegal tersebut.

Berdasarkan informasi yang beredar di lapangan, peredaran rokok tanpa pita cukai semakin bebas dan terkesan memberikan ruang kepada para pengusaha rokok ilegal di Provinsi Kepri.

Hal ini juga terkesan ada pembiaran terhadap PT. Fantastik Internasional, yang diduga memproduksi rokok H-Mind. Diketahui juga, bahwa rokok bermerk H-Mind tidak ada pita cukai, apalagi mengedarkannya merupakan perbuatan melawan Hukum serta melanggar Undang-undang yang berlaku di Negara RI.

Rokok Merk H-Mind yang diproduksi PT. Fantastik Internasional dan tidak ada pita cuka ini semakin tak terbendung peredarannya di Kota Batam, Kabupaten Bintan dan Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau.


Bahkan di setiap toko kecil pinggir jalan maupun toko yang tergolong besar di Kota Batam, Bintan dan Kota Tanjungpinang menyediakan dan menjual rokok yang tidak dilekati pita cukai.

Akibat peredaran rokok tanpa pita cukai ini, Negara sudah dirugikan khususnya pendapatan di sektor perpajakan, sebab cukai merupakan pungutan Negara yang dikenakan terhadap barang-barang tertentu, sebagaimana yang ditetapkan dalam Undang-Undang Cukai Nomor 39 Tahun 2007.

Penegakan Hukum yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kota Batam dan Kota Tanjungpinang, Kabupaten Bintan sepertinya perlu ditingkatkan bahkan harus lebih tegas, karena para pelaku dan juga perusahan yang memproduksi merk rokok ini sepertinya merasa tidak takut dan tidak peduli serta terkesan tutup mata "kebal hukum".

Dengan banyaknya pemberitaan dari beberapa media, menimbulkan pertanyaan besar dikalangan masyarakat, siapakah "Big Boss" dibalik peredaran rokok ilegal Merk H-Mind yang tidak ada pita cukainya, sehingga berjalan mulus ?.*

(Tim)

TerPopuler