Ukur Kemampuan Fisik Prajurit, Rindam XVI/Ptm Laksanakan Samapta Garjas Periodik II

Friday, October 28, 2022, 10:29 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Ambon - Danrindam XVI/Pattimura Kolonel Inf Anggit Exton Yustiawan, S.H., M.H., dan Wadanrindam XVI/Pattimura Kolonel Inf Aliyatin Mahmudi, S.I.P., M.Si. serta seluruh prajurit Rindam XVI/Ptm melaksanakan Samapta Periodik II TA. 2022, yang dilaksanakan di lapangan sepak bola Eriwakang Rindam XVI/Ptm, Kamis (27/10/2022).

Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengukur dan meningkatkan sejauh mana kemampuan prajurit selama berlatih dan membina fisik di satuannya masing-masing, guna mendukung tugas pokok TNI AD dalam melaksanakan aktifitas sehari hari agar dapat melaksanakan tugas dengan baik.

Sebelum pelaksanaan kesamaptaan priodik, anggota terlebih dulu mengisi blangko ceklis, pemeriksaan tensi darah oleh Tim Kesehatan dari Rindam XVI/Pattimura dan dilakukan peregangan dan pemanasan untuk menghindari cidera saat pelaksanaan Samapta.

Kesamaptaan jasmani yang dilakukan meliputi Samapta A, yaitu lari 3200 M dan Samapta B yang meliputi Pull Up, Sit Up, Push Up selama 1 menit, Lunges serta Shuttle Run (Lari angka delapan).


Danrindam XVI/Pattimura Kolonel Inf Anggit Exton Yustiawan, S.H., M.H., mengikuti  langsung pelaksanaan Garjas yang diikuti oleh setengah kekuatan personel Rindam XVI/Ptm. 

Perwira Seksi Personalia Lettu Inf Asrin menyampaikan, agar pelaksanaan Garjas sesuai dengan kemampuan dan tidak boleh dipaksakan, kemudian betul betul memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan.

Tim Jasmani Militer Rindam XVI/Ptm yang di pimpinan langsung oleh Mayor Inf Subakir berharap, Garjas dapat berjalan dengan aman dan lancar dari awal kegiatan hingga selesai nantinya sesuai dengan kemampuan masing masing personel. 

"Kepada seluruh anggota yang akan melaksanakan tes kesegaran jasmani, agar melaksanakan dengan serius dan tetap memperhatikan faktor keamanan diri sendiri, jangan sampai terjadi hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri," paparnya.*

(ATOM)

Sumber : Pendam16

TerPopuler