Akses Jalan ke Gunung Bromo Tertutup Material Longsor, Koramil 0820/08 Gelar Karya Bhakti

Minggu, 27 November 2022, 14:36 WIB
Oleh TAUFIQ PERS


SNIPERS.NEWS | Probolinggo - Serda Wahyudi anggota Koramil 0820/08 Sukapura bersama masyarakat sekitar saling bahu membahu melaksanakan karya bhakti membersihkan material longsor yang menutupi akses jalan menuju kawasan Wisata Gunung Bromo, berlokasi  Dusun Jurang Jontro Desa Wonokerto Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo, Minggu (27/11/2022).

Dikatakan, pada Sabtu (26 November 2022) Kecamatan Sukapura dan sekitarnya diguyur hujan dengan intensitas tinggi dalam waktu yang cukup lama, sekitar pukul 22.20 WIB.

Piket Koramil 0820/08 Sukapura Serda Wahyudi mendapatkan laporan dari warga sekitar lokasi kejadian, selanjutnya Serka Widodo, Serda Agung, Serda Oni berangkat menuju lokasi kejadian tanah longsor untuk mengecek secara langsung. 

Dalam kesempatan tersebut, Serda Wahyudi anggota Koramil 0820/08 Sukapura mengatakan, bahwa wilayah Probolinggo khususnya di Sukapura rawan terjadi tanah longsor apabila terjadi hujan dalam waktu yang cukup lama karena struktur tanahnya yang banyak tebing dan labil.
                           

Contohnya, sekarang ini yang terjadi di  Dusun Jurang Jontro Desa Wonokerto Kecamatan Sukapura.

Meskipun dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa, akan tetapi material longsor telah mengakibatkan tertutupnya akses jalan menuju kawasan Wisata Gunung Bromo yang mengakibatkan kendaraan roda 2 dan roda 4 tidak bisa melintas.

Selain itu, Wahyudi juga menambahkan, bahwa dirinya akan selalu bekerja sama dengan Forkopimka Sukapura, juga akan selalu berkomunikasi untuk memantau wilayah bilamana terjadi bencana alam, dirinya bersama warga masyarakat juga akan bergotong-royong melaksanakan normalisasi jalan yang tertutup timbunan tanah meskipun untuk saat ini menggunakan alat seadanya.

"Sehingga jalan menjadi lancar dan dapat digunakan kembali,” tuturnya.

Wahyudi juga mengingatkan, agar warga senantiasa waspada terhadap segala ancaman bencana alam dalam musim hujan seperti sekarang ini.
 
"Kami menghimbau agar warga apabila ada kejadian di wilayahnya agar segera lapor cepat dengan harapan dapat segera ditangani dengan cepat," ucap Wahyudi. 

Ini merupakan bencana yang tidak diminta, tetapi kepada seluruh masyarakat supaya selalu waspada karena sekarang sudah memasuki musim penghujan.*

(Taufiq/Pendim 0820)

TerPopuler

> Whatsapp-Button