Bupati Tanjab Barat Ke Desa Sungai Rambai, Sampaikan Progres Pembangunan

Sabtu, 05 November 2022, 16:35 WIB
Oleh Cinta Pradiva Alvina Ardianti

SNIPERS.NEWS | Tanjab Barat -Pembangunan yang dilakukannya atas dasar kebutuhan masyarakat, bukan atas keinginan pribadi tetapi yang sesuai dibutuhkan masyarakat banyak, hal ini dikatakan Bupati Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag., saat melakukan kunjungan Safari Jumat Berkah di Masjid Nurul Iman Desa Sungai Rambai Kecamatan Senyerang, bertempat Dusun Suka Mulya Desa Sungai Rambai Kecamatan Senyerang, pada Jumat (04/11/2022).

Beberapa pokok inti yang disampaikan Bupati diantaranya Pembangunan Infrastruktur Jalan, Jembatan, Pertanian, Kesehatan, ATM Beras, UMKM dan Listrik. 

Bupati dalam sambutannya menyampaikan, kunjungan kami dalam rangka silaturahmi antara Pemerintah Daerah dengan masyarakat sekaligus menyampaikan Progres pembangunan di Kecamatan Senyerang. Oleh karena itu, di Senyerang ini hampir setengah dana APBD kita, bangun 3  Kecamatan yakni Senyerang, Pengabuan dan Seberang Kota agar 3 kecamatan ini tidak jauh tertinggal dengan kecamatan Lainnya," ujar Bupati. 

"Insya Allah pembangunan terus kita lakukan di Sungai Rambai, Lumahan, Ketapang. Ini betul-betul perlu dana yang banyak. Untuk itu, kami berkomitmen untuk menyelesaikan jalan Pengabuan, Senyerang yang sebelumnya telah dikomunikasikan dengan Gubernur Jambi dan selesai di akhir 2023 melalui proyek Multi Years," pungkasnya. 

"Jalan Lumahan akhir 2023, Insya Allah selesai dan sudah dianggarkan. dana APBD kita fokus Ke Senyerang, Seberang Kota, Pengabuan, karena Kecamatan ini termasuk tertinggal. Bappeda sedang menggagas interkoneksi antar Kabupaten Tanjab Tarat, Tanjab Timur dan Indragiri Hilir. Kita sudah sepakat membangun 3 Kabupaten ini lewat Bappenas agar ke Tembilahan ke Kuala Tungkal tidak lewat laut lagi, namun lewat darat," ujarnya. 

"Harapan kita dengan hubungan antar Kabupaten ini sumber ekonomi bisa masuk. Karena Senyerang merupakan pintu gerbang masuk nantinya sebagai jalan lintas Gerbang Ilir ke Ulu, inilah progres kita, agar mempercepat ketertinggalan sehingga jalan ini menjadi Prioritas kita untuk membangun," tuturnya.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, termasuk awal 2023 pembangunan Sutet selesai, disamping 12 Desa, di 12 Kecamatan yang belum teraliri Listrik kita usahakan mendorong agar listrik tesebut masuk," sambungnya.

"Mengenai inflasi Cabe, Alhamdulillah saat ini sudah teratasi tinggal lagi produksi Beras Petani lokal kita yang saat ini Kabupaten Tanjab Barat kekurangan pasokan Beras, Bupati minta agar masyarakat petani menanam Padi untuk menggairahkan para Petani padi, Pemkab akan membelikan Power Treser mesin perontok padi," ungkapnya.

"Kita beli agar dikasih Kelompok Tani lewat Dinas Pertanian selain itu ada pengering Padi dan bantuan penggiling Padi agar kualitas Padi saat digiling tidak pecah sehingga bisa naik ke premium," katanya.

"Ini semua dalam rangka menjaga ketahanan pangan. Karena pengabuan, senyerang ini termasuk Kecamatan ketahanan pangan," ujar Bupati.

Selain itu Bupati mengatakan, kita akan kerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk  ATM Produk beras Tani kita," ucapnya.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, "mengenai lahan yang terendam air,  kita akan mencoba membeli ekcavator Ambifi, (Excavator amfibi adalah jenis excavator yang dilengkapi dengan ponton tertutup yang memungkinkannya untuk melakukan pengerukan sambil mengapung di perairan dangkal) untuk mengeruk anak parit di Kecamatan Pengabuan, Bram Itam, Senyerang. agar fungsi air mengalir. Ini sebagai bukti  perhatian kita kepada Petani," ujarnya. 

Mengenai pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit Umum Daud Arif Tungkal sudah ada  pelayanan alat pendeteksi jantung. Alat mendeteksi Kanker Rahim dan Payudara. Untuk itu kepada ibu-Ibu agar setiap 3 bulan sekali periksakan kesehatan,'' ujar Bupati.

"Kita juga sudah siapkan rumah singgahnya. Ini gratis. Khusus yang berobat di rumah sakit. Dan Untuk cuci darah sudah akan dioperasikan alat cuci darah tahun ini oleh Dinas Kesehatan," ujarnya. 

safari Jumat diakhiri dengan pemberian  Bupati bantuan BAZNAS untuk Masjid Nurul iman sebesar Rp. 10 Juta yang diterima pengurus Masjid dan paket Sembako bagi anak yatim dan para janda yang kurang mampu dan Halal bihalal bersama kepala Desa Terpilih Desa Sungai Rambai.

Turut Hadir mendampingi Bupati Staf Ahli, Kepala Bappeda, Kepala Bapenda, Kadis Kesehatan, Sekretaris Perpustakaan, Kepala BNPB, Camat Senyerang, Kabag Prokopim, BAZNAS, Kepala Desa Sungai Rambai dan Tokoh agama serta Tokoh masyarakat.*

(DN)

TerPopuler

> Whatsapp-Button