Danpuspomad Tinjau Simulasi Geladi Rangkaian dan Pam Wallakir Kegiatan KTT G20

Jumat, 11 November 2022, 18:26 WIB
Oleh Cinta Pradiva Alvina Ardianti

SNIPERS.NEWS | Badung - Satgas pengamanan KTT G20 khususnya Satgas Pengawalan, Pengaturan Lalulintas dan Pengaturan Parkir (Wallakir) gabungan Polisi Militer (Pom) TNI dan Polri menggelar Simulasi/gladi rangkaian Wallakir Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, dengan menggunakan 42 rangkaian kendaraan pengawalan lengkap secara kebesaran, pada Jumat (11/11/2022).

Simulasi Wallakir tersebut bertujuan untuk lebih mematangkan dan memastikan rute utama dan cadangan/alternatif untuk pergerakan rangkaian kendaraan seluruh tamu VVIP peserta KTT G20 mulai dari kedatangan di bandara, rute yang dilalui hingga di titik lokasi acara dan venue serta tempat menginap, maupun kembali lagi ke bandara (kegiatan KTT G20 selesai) dapat berjalan dengan tertib, aman dan lancar.

Sebelumnya, pada Rabu (9/11) lalu, Danpuspomad Letjen TNI Chandra W. Sukotjo, M.Sc., melaksanakan pengecekan kesiapan personel Polisi Militer TNI Angkatan Darat dan materiil serta posko Wallakir serta Command Center Pomdam IX/Udayana yang digunakan dalam kegiatan pengamanan KTT G20 pada 15-16 November 2022.

Command Center Pomdam IX/Udayana merupakan sarana untuk mengetahui kegiatan pengamanan dan pengawalan terkait bagaimana pergelaran personel Pomad dan peralatan yang digunakan, serta jalannya kegiatan pengawalan VVIP Delegasi KTT G20 dapat dimonitor secara langsung.


Selain itu, di Command Center tersebut dapat juga memantau jalur-jalur yang akan dilewati tamu VVIP peserta G20, mulai dari Bandara menuju ke akomodasi atau venue yang dijadwalkan. Sehingga, apabila nantinya terjadi hambatan dalam perjalanan, maka akan disiapkan jalur alternatif.

"Saya ingatkan kepada seluruh prajurit Pomad yang tergabung dalam Satgas Wallakir, tugas ini bukan menjadi beban tapi harus menjadi suatu tanggung jawab dan kebanggaan bagi para Prajurit Pomad dalam keberhasilan pelaksanaan tugas pengawalan dan pengamanan dengan tertib, aman dan lancar," demikian pungkas Danpuspomad. 

Pada kegiatan pengecekan tersebut, Danpuspomad didampingi Danpomdam IX/Udayana Kolonel Cpm Novem Janri Rajagukguk, S.H., M.Th., selaku Dansubsatgas Wallakir KTT G20, dan juga dihadiri oleh  pejabat Puspomad diantaranya Irpuspomad Brigjen TNI Muhammad Yusrif Guntur, S.Sos., M.Si., Dirbingakkum Kolonel Cpm Sudarma Setiawan, Dirbinwal Kolonel Cpm Zulkarnain, S.H., dan Dirbindiklat Dermawan Agus Irianto, S.I.P.*

(Arifin/Agung DP)
(Pendam IX/Udayana)

TerPopuler

> Whatsapp-Button