KasdamXVI/Pattimura Hadiri Peringatan Hari Pahlawan di Kapahaha

Kamis, 10 November 2022, 13:16 WIB
Oleh Cinta Pradiva Alvina Ardianti

SNIPERS.NEWS | Ambon - Sejarah singkat peristiwa 10 November tercantum dalam Pedoman Hari Pahlawan Tahun 2022 yang diterbitkan oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI).

Hari Pahlawan bermula dari pertempuran Surabaya tanggal 10 November 1945. 
Pertempuran tersebut terjadi antara pasukan Indonesia melawan pasukan Inggris usai Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Momentum 10 November itu adalah satu pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia yang menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme. 

Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Asep Abdurachman mewakili Pangdam XVI/Pattimura menghadiri Upacara Peringatan dan Ziarah Nasional Hari Pahlawan 10 November bertempat di TMP Kapahaha, Ambon, Rabu (10/11/2022). 


Hadir sebagai Inpektur Upacara Kajati Maluku dan Komandan Upacara Letkol Inf Chandra serta dihadiri Forkopimda Provinsi Maluku, Personel TNI-Polri serta ASN. 

Diawali dengan Penghormatan Pasukan, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta dan peletakan karangan bunga serta tabur bunga. 

Ditempat terpisah, dilaksanakan kegiatan serupa yang dilaksanakan di Dermaga Irian Halong, Lantamal IX/Ambon. Peserta upacara melaksanakan tabur bunga di seputaran Teluk Ambon dengan menggunakan kapal TNI AL. 

Hal ini tentunya sebagai wujud penghargaan dan penghormatan terhadap perjuangan para Pahlawan khususnya Pahlawan kemerdekaan. Tanpa mereka tentunya Bangsa Indonesia tidak akan seperti sekarang ini.*

(ATOM)

Sumber : Pendam16

TerPopuler

> Whatsapp-Button