Kunjungan ke Banda Naira, PangdamXVI/Pattimura Ajak Wisatawan

Sabtu, 05 November 2022, 02:04 WIB
Oleh Cinta Pradiva Alvina Ardianti

SNIPERS.NEWS | Ambon - Pangdam XVI/ Pattimura Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa, S.E., M.M., didampingi Ketua Persit KCK Daerah XVI/ Pattimura, Ny. Indah Ruruh A. Setyawibawa dan rombongan melakukan kunjungan ke wilayah Banda, Jumat (04/11/2022). 

Bertolak dari Pelabuhan Yos Sudarso Ambon pada Kamis malam, Pangdam dan rombongan tiba di Pelabuhan Banda Naira pada Jumat pagi dan disambut oleh Dandim 1502/Masohi, Letkol Czi Yusuf Aksa beserta Muspika Banda Naira. 

Perjalanan kemudian dilanjutkan menuju Masjid Agung Al-Muhajirin untuk melaksanakan ibadah sholat Jumat. 
Sebelum melaksanakan ibadah, Pangdam dan rombongan bertemu para pejabat setempat di kantor kecamatan Banda Neira.

Setelah itu, Pangdam bersama rombongan kemudian melanjutkan kunjungan wisata menuju situs sejarah, seperti Istana Mini yang dibangun pada masa pendudukan Belanda dan  Benteng Belgica yang dibangun oleh Portugis pada abad ke-16. Benteng ini dibangun dengan tujuan untuk menghadapi perlawanan masyarakat Banda yang menentang monopoli perdagangan pala oleh VOC.

Menikmati suasana pulau Banda dan kemegahan Benteng Belgica, Pangdam mengatakan, ini merupakan wisata yang sarat akan nilai sejarah dan sayang untuk dilewatkan. 


"Saya mengajak seluruh wisatawan baik wisatawan seputaran wilayah Maluku, Maluku Utara maupun dari seluruh Indonesia, rugi kalau tidak ke Banda. Transportasi menuju Banda pun sudah memadai juga, bisa pakai kapal maupun pesawat," ajak Pangdam. 

Pangdam juga menilai potensi pariwisata di Banda mempunyai prospek bagus. "Perlu adanya promosi yang lebih massive agar semakin banyak wisatawan datang ke Banda, karena ini tidak kalah dengan wisata- wisata lainnya, semua fasilitas sudah tersedia," kata mantan Kabinda Aceh ini. 

Selain ke Benteng Belgica, tempat bersejarah lainnya yang dikunjungi Pangdam dan rombongan antara lain Rumah Budaya Banda dan Rumah Pengasingan Bung Hatta. 

Saat kunker ke Benteng Belgica, juga nampak para wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang mengungkap ketertarikan terhadap keindahan alam Banda Naira. "Saya sudah tiga kali datang kesini, sungguh indah Banda Naira," kata wisatawan asal Jerman itu dengan bahasa Indonesia terbata. 

Sejumlah pejabat yang turut mendampingi kunker ini antara lain Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Asep Abdurachman dan ibu, Irdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Muhamad Muchidin dan ibu, Kapoksahli Pangdam XVI/ Pattimura Brigjen TNI Syaepul Mukti Ginanjar dan ibu, Danrem 151/Binaiya Brigjen TNI Maulana Ridwan dan ibu, serta sejumlah Pamen Ahli, Kabalak dan Dansat jajaran Kodam XVI/Pattimura.*

(ATOM)

Sumber  : Pendam16

TerPopuler

> Whatsapp-Button