Loyalitas Tanpa Batas, Babinsa Patokan Gendong Lansia Terjebak Banjir

Senin, 21 November 2022, 15:14 WIB
Oleh TAUFIQ PERS


SNIPERS.NEWS | Probolinggo – Terpatrinya sikap rela menolong dan pantang manyerah diwujudkan oleh Sertu Suharianto Babinsa Patokan Koramil 0820/04 Bantaran, menggendong seorang nenek yang terjebak banjir berlokasi di Dusun Kapuran RT.04/RW.02 Desa Patokan Kecamatan Bantaran Probolinggo, Minggu (20-11-2022).

Banjir di Kabupaten Probolinggo dan sekitarnya diakibatkan karena curah hujan lebat sejak 2 minggu terahir, dimana membuat sejumlah sungai meluap hingga menyebabkan beberapa desa di wilayah Kecamatan Bantaran terendam banjir, mengakibatkan trauma terhadap warga masyarakat yang terdampak banjir.

Kemanunggalan TNI dengan rakyat sudah tidak bisa diragukan lagi, wujud nyata yang dilakukan TNI melalui Babinsa yaitu dalam berbagai kegiatan di wilayahnya.seperti hanya saat terjadi banjir di desa binaan.

Tampak pemandangan yang sangat mengharukan yang tertuju pada satu titik melihat Babinsa tanpa pikir panjang menggendong nenek yang tidak kuat jalan.
                              

Sertu Suharianto menyampaikan, saat melakukan penyisiran, dirinya menemukan lansia yang sedang terjebak banjir, maka dengan sigap langsung membawanya ke tempat yang lebih aman.

Dia mengatakan, hujan dengan intensitas tinggi sejak dua minggu terahir tidak hanya merendam rumah-rumah warga, namun juga meluap ke beberapa ruas jalan dikarenakan sungai serta drainase sudah tidak sanggup menampung debit air yang mengakibatkan meluapnya air ke rumah – rumah warga ditambah posisi jalan yang lebih tinggi menambah sulitnya air untuk surut.

"Selain membantu mengevakuasi warga yang terkena dampak banjir ke tempat yang aman, kami juga terus memonitor keadaan serta situasi di wilayah binaan kami, sekaligus mendata kerugian yang dialamai warga yang diakibatkan banjir," ucap Sertu Suharianto.

Secara terpisah Danramil 0820/04 Bantaran Kapten Arh Ari Bonanto menambahkan, banjir terjadi akibat hujan terus menerus itu menyebabkan meluapnya air sungai yang ada di wilayah Kecamatan Bantaran.

"Saya memerintahkan para Babinsa untuk mengambil tindakan dengan membantu mengevakuasi warga yang  terkena banjir,” terangnya.

Semua Babinsa Koramil 0820/04 Bantaran harus melakukan tanggap bencana, bantu warga yang membutuhkan bantuan dan melaksanakan pemantauan wilayah untuk memastikan wilayah dalam keadaan aman.*

(Taufiq/Pendim0820)

TerPopuler

> Whatsapp-Button