Muslimat NU Kota Tual : UMKM dan Stunting Adalah Program Utama Yang di Prioritaskan

Kamis, 10 November 2022, 13:55 WIB
Oleh Cinta Pradiva Alvina Ardianti

SNIPERS.NEWS | Jakarta - Pimpinan Cabang Muslimat NU Kota Tual yang baru saja dilantik oleh Pimpinan Pusat (PP) Muslimat NU Hj. Nyai Prof. Dr. Sri Mulyati, MA., wakil ketua umum yang mewakili Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muslimat NU Dr. Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Sos., yang adalah Gubernur Jawa Timur.

Nyai Prof. Dr. Hj. Sri  Mulyati, MA., yang didampingi oleh Ketua Wilayah Nuslimat NU Provinsi Maluku Hj. Uri Lanisa Daeng Malimpo, S.Ag., M.Pd., beserta rombongan  pada tanggal 3 September 2022  yang lalu di kota tual, melantik Pengurus Cabang MNU Kota Tual.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Cabang Muslimat Nahdlatul Ulama Kota Tual Yuni Syahra Yolwan Tamnge yang ditemui media ini di Jakarta, pada Rabu (9/11/2022).

Menurutnya, dirinya dan seluruh pengurus menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu proses pelantikan dan terlaksana dengan baik dan aman. Rangkaian kegiatan pelantikan  muslimat NU Kota Tual, berjalan sesuai dengan  keinginan kita semua.

Ditambahkan, bahwa sebagai Ketua C1abang Muslimat Nahdlatul Ulama Kota Tual dan seluruh kepengurusan serta pribadinya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami. "Whabilkhusus bapak Wali Kota, para OPD Kota Tual, masyarakat serta pihak Keamanan TNI-Polri," ucapnya.

"Semoga Allah SWT memberikan kekuatan, kesehatan, kemudahan dalam segala urusan kepada bapak/ibu dan kita semua," ujar Ibu Yolwan Tamnge.


Kemudian Ia  menambahkan, "bahwa Insyaallah hari ini dan ke depan pengurus Muslimat Nahdlatul Ulama Kota Tual akan  melaksanakan inovasi-inovasi yang kreatif dan produktif kepada ibu-ibu pengurus, Insyaallah kita sudah punya planning program (rencana program) ke depan nanti," ungkapnya.

Yuni Syahra Yolwan Tamnge, selain sebagai Ketua Muslimat Nahdatul Ulama Kota Tual, ia juga adalah istri dari Wakil Wali Kota tual, Usman Tamnge. Ia menyadari, bahwa sebagai seorang ibu rumah tangga pasti punya kesibukan untuk mengurus anak-anak dan suaminya, akan tetapi ia berkomitmen untuk membagi waktu antara mengurus anak dan suaminya dengan tidak mengabaikan tanggung jawab sebagai Ketua Cabang Muslimat Nahdlatul Ulama karena ini merupakan amanah yang diberikan.

Oleh karena itu ia menyatakan kepada awak media ini, bahwa Insyaallah akan ada program-program ke depan dan program- program tersebut  memotivasi kaum perempuan Kota Tual yang handal dan profesional.

Ditanya apa saja program kerja ke depan Cabang Muslimat Nahdlatul ulama Kota Tual akan kerjakan, ia dengan senyum dan santai menyatakan, "bahwa program yang akan kami kerjakan nanti, Insyaallah, ada beberapa program, namun yang lebih spesifik bagi Muslimat Nahdlatul ulama Kota Tual itu adalah UMKM dan Stunting, kenapa demikian karena UMKM adalah salah satu upaya untuk mewujudkan kesejahteraan ibu-ibu pengurus dan juga ke masyarakat umum dengan menciptakan kehidupan yang  berinovasi kreatif, selain itu Stunting ini sangatlah penting dan terpenting bagi kesehatan anak- anak yang kekurangan gizi. Sehingga kedua program ini merupakan program Perioritas kami," tegasnya.

Dia juga (Yuni Syahra Yolwan Tamnge, red),  mempertegas bahwa program UMKM dan Stunting adalah program Perioritas kami, dengan tidak mengabaikan program-program yang lain, seperti persoalan perkawinan, dalam hal ini Nikah massal dan hal tersebut sudah kami dibicarakan dengan pihak kementerian Agama (Kemenag) Kota Tual.


"Insyaallah Muslimat Nahdatul Ulama Kota Tual dalam waktu dekat akan melaksanakan  rapat internal pengurus dan ada pihak pihak tertentu yang akan di undang," ujarnya.

Kemudian ditanya tentang sejauh mana Ibu Yuni Syahra Yolwan Tamnge selaku ketua cabang, apakah dengan kedua program prioritas utama dikerjakan dalam wilayah pemerintahan kota tual. nah pertanyaannya apakah muslimat nahdlatul ulama Kota Tual sudah berkoordinasi ke  pemerintah Kota Tual, karena program ini juga adalah salah satu program Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia. ia menjawab sangat santai, "bahwa berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Tual itu sudah pasti, kita akan menyurati Pemerintah Kota Tual untuk melakukan  aundensi dan saat audensi nanti kita akan menyampaikan kepada Pemerintah Kota Tual, sehubungan dengan program program yang akan kita kerjakan, karena ini komitmen Muslimat Nahdatul Ulama secara nasional dimana program UMKM dan Stunting adalah program Perioritas dan Sungguh yakin bahwa Insyaallah Pemerintah Kota Tual akan membantu kita," tuturnya.

"Apalagi program UMKM dan Stunting ini adalah program yang juga penting, karena itu kita akan sampaikan apapun konsekuensinya, tapi kedua program tersebut adalah program Perioritas kami," ungkapnya.

"Dan didalam melaksanakan kegiatan seperti ini, sudah barang tentu kita sudah membantu Pemerintah baik dari sisi sosial, ekonomi, budaya dan keagamaan yang bersifat  kemanusiaan," jelas Yuni Syahra Yolwan Tamnge.

"Komitmen kami untuk program UMKM dan Stunting tetap menjadi program Perioritas dengan tidak mengabaikan program program yang lain," bebernya.

Diakhir Penutup Ibu Yuni Syahra Yolwan Tamnge, mengulangi kembali ucapan seperti awal ia ucapkan bahwa atas nama Muslimat Nahdatul Ulama Cabang, pimpinan wilayah Maluku dan Pimpinan Pusat  menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah Kota Tual, Bapak Walikota, bapak Wakil Wali Kota juga Pribadi dan keluarga sekali lagi menyampaikan terima kasih yang sebesar besarnya, kepada Pemerintah Kota Tual yang telah membantu kegiatan kami dan semua, Insyaallah kami berkeinginan besar untuk menjadi mitra dengan pemerintah kota tual hari ini dan ke depan," tutup Ibu Yuni Syahra Yolwan Tamnge.*

(ATOM)

TerPopuler

> Whatsapp-Button