Pasca Hujan Deras, Sertu Isnandar Bantu Evakuasi Rumah Warga Yang Roboh

Minggu, 20 November 2022, 15:31 WIB
Oleh TAUFIQ PERS


SNIPERS.NEWS | Probolinggo – Anggota Babinsa dari Koramil 0820/05 Tongas Sertu Isnandar bersama warga membersihkan reruntuhan bangunan rumah yang roboh, milik Imam Hanafi (64) warga Dusun Krajan RT.02/RW.01 Desa Curah Tulis Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo, Minggu (20-11-2022).

Dikatakan Sertu Isnandar, bahwa peristiwa itu terjadi karena hujan dengan instensitas tinggi sehingga mengakibatkan pembuangan air warga dan luapan pembuangan irigasi pertanian warga mengalir deras kearah jalan raya Tongas.

Letak posisi rumah Imam Hanafi yang berada dipinggir jalan raya Tongas tergerus luapan air hujan sehingga menyebabkan tergerusnya pondasi rumah yang kondisi sudah lapuk karena dimakan usia.

Sertu Isnandar menyampaikan, hujan mulai reda tapi luapan air pembuangan warga masih mengalir kearah jalan raya Tongas, sehingga menggenangi rumah Imam Hanafi yang posisinya berada dipinggir jalan raya. 
                             

Pada pukul 10.45 WIB, rumah Imam hanafi roboh dengan sendirinya. Hal ini disebabkan karena memang usia rumah sudah tua ditambah gerusan air luapan pembuangan warga yang mengalir deras kearah jalan raya dimana posisi jalan raya berada dititik rendah kemiringan tanah.

“Karena roboh, kayu kerangka rumah hancur dan hampir seluruh gentingnya pecah," ungkap Isnandar.

Dengan rendah hati, dirinya membeberkan bahwa hal ini merupakan sudah menjadi tugas dan tanggung jawab serta kewajibannya sebagai anggota TNI untuk selalu tanggap dalam mengantisipasi bencana yang terjadi diwilayah binaan. 

"Kami juga menghimbau kepada warga untuk tetap waspada dengan kondisi cuaca saat ini, curah hujan tinggi yang disertai angin kencang, syukurlah tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini," terangnya.

Untuk membantu meringankan beban penderitaan Imam Hanafi dan keluarganya, anggota Koramil 0820/05 Tongas, berikut pamong desa dan warga masyarakat sekitar mengadakan kerja bakti gotong-royong menyingkirkan puing-puing reruntuhan rumah.*

(Taufiq/Pendim0820)

TerPopuler

> Whatsapp-Button