Pastikan KTT G20 di Bali Berjalan Lancar, Kakanwil Kemenkumham Bali Dampingi Menko Marves Tinjau Kesiapan Gedung VVIP

Sabtu, 05 November 2022, 18:25 WIB
Oleh Cinta Pradiva Alvina Ardianti

SNIPERS.NEWS | Badung - Indonesia saat ini tengah menggelar hajatan penting, yakni Presidensial G20 yang diselenggarakan mulai 1 Desember 2021 hingga KTT G20 di bulan November 2022 yang akan datang.  Ini berarti Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan G20 selama setahun penuh. G20 atau Group of Twenty adalah sebuah forum utama kerja sama ekonomi internasional yang beranggotakan negara-negara dengan perekonomian besar di dunia terdiri dari 19 negara dan 1 lembaga Uni Eropa.

G20 merupakan representasi lebih dari 60% populasi bumi, 75% perdagangan global, dan 80% PDB dunia.  Anggota G20 terdiri dari Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brasil, India, Indonesia, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Meksiko, Republik Korea, Rusia, Perancis, Tiongkok, Turki, dan Uni Eropa.

Dalam rangka mendukung persiapan Presidensi Indonesia dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada November 2022 ini, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan melakukan kunjungan ke Bali guna melakukan pengecekan kesiapan Gedung VVIP, Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai, Sabtu (5/11)22).

Menyambut kunjungan dari Menko Marves ini, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali, Anggiat Napitupulu yang didampingi oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai, Sugito melakukan penjemputan di Base Ops TNI AU Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai dengan pesawat Garuda nomor penerbangan GA 480.


Dalam penjemputan ini, turut hadir pula Komandan Koordinator Brimob Mabes Polri, Kapolda Bali berserta jajaran, Pangdam IX Udayana beserta jajaran, Dandrem 163/Wirasatya, Komandan Lanud I Gusti Ngurah Rai, GM Angkasa Pura I dan Kepala Wilayah IV Otban.

Pada pukul 12.50 waktu setempat, Luhut Binsar Pandjaitan melakukan kunjungan ke Gedung VVIP Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai. Dalam kunjungannya, Luhut meninjau langsung progres pembangunan serta kesiapan gedung VVIP yang akan menjadi tempat kedatangan para pejabat tinggi negara yang menjadi bagian dari Presidensi G20 Indonesia.

Dikutip dari okezone.com, kesiapan infrastruktur dan logistik selain untuk Terminal VVIP Bandara Ngurah Rai juga telah disiapkan di berbagai tempat. Beberapa di antaranya, yaitu mengenai akomodasi transportasi bagi delegasi, jalan raya, jaringan listrik hingga Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), dan kesiapan Garuda Wisnu Kencana (GWK).

Sebagai anggota forum G20, Indonesia bisa mendapatkan manfaat dari informasi dan pengetahuan lebih awal tentang perkembangan ekonomi global, potensi risiko yang dihadapi, serta kebijakan ekonomi yang diterapkan negara lain terutama negara maju.*

(Arifin/Agung DP)

TerPopuler

> Whatsapp-Button